Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Apa Itu Sistem FIFO Dalam Bisnis Restoran? Ketahui Di Sini!

Apa Itu Sistem FIFO
Blog

Apa Itu Sistem FIFO Dalam Bisnis Restoran? Ketahui Di Sini!

Pernah mendengar apa itu sistem FIFO? Ini merupakan salah satu metode pengelolaan stok barang yang sering diterapkan pada bisnis restoran.

FIFO merupakan singkatan dari “First In, First Out” yang dapat diartikan sebagai “yang pertama masuk, yang pertama keluar”. Untuk lebih lanjut mengenai metode FIFO ini, mari kita bahas di bawah ini.

Apa Itu Sistem FIFO?

Pengertian Metode FIFO
Pengertian Metode FIFO – Sumber: www.pexels.com

FIFO atau “First In, First Out”. Ini mengacu pada metode pengelolaan persediaan di mana bahan atau barang yang pertama kali masuk akan yang pertama kali dipergunakan.

Dengan kata lain, bahan baku atau barang yang masuk ke gudang lebih awal akan dikeluarkan atau dipergunakan terlebih dahulu. Dalam bisnis restoran, contoh bahan baku tersebut seperti daging, sayuran, rempah-rempah, susu, dan biji kopi.

Bagaimana Cara Kerja FIFO?

Persediaan Minuman Bir Di Bar
Persediaan Minuman Bir Di Bar – Sumber: www.pexels.com

Penempatan Barang Atau Bahan

Saat menerima pengiriman baru, barang atau bahan tersebut akan ditempatkan di bagian belakang dari stok yang sudah ada sebelumnya.

Dengan kata lain, stok yang sudah ada sebelumnya akan ditempatkan pada bagian depan..

Pengambilan Barang Atau Bahan

Ketika memesan bahan baku untuk penggunaan di dapur, staf restoran akan mengambil dari stok yang berada di bagian depan, yang merupakan bahan yang lebih lama masuk.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bahan yang lebih lama dapat digunakan terlebih dahulu dan menghindari masa kadaluwarsa atau penurunan kualitas.

Baca juga:  10 Rekomendasi Menu Snack Untuk Cafe Yang Kekinian

Apa Keuntungan Penerapannya?

Konsep FIFO
Konsep FIFO – Sumber: www.pexels.com

Mengurangi Pemborosan

Salah satu keuntungan utama menggunakan metode FIFO dalam bisnis restoran adalah mengurangi pemborosan.

Dengan menggunakan bahan yang lebih lama terlebih dahulu, restoran dapat memastikan bahwa bahan dapat digunakan sebelum masa kadaluwarsa atau mengalami penurunan kualitas.

Hal ini dapat mengurangi jumlah bahan yang dibuang karena tidak terpakai, yang pada gilirannya dapat mengurangi biaya dan meningkatkan profitabilitas restoran.

Meningkatkan Kontrol Kualitas

Metode FIFO juga membantu meningkatkan kontrol kualitas produk yang dihasilkan oleh restoran.

Dengan menggunakan bahan yang lebih lama terlebih dahulu, restoran dapat memastikan bahwa produk makanan atau minuman yang disajikan kepada pelanggan tetap berkualitas baik.

Hal ini dikarenakan bahan baku yang digunakan dipakai sebelum masa kadaluwarsanya.

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dengan menerapkan metode FIFO, restoran dapat mengoptimalkan efisiensi operasional mereka.

Restoran dapat menghindari kelebihan persediaan yang tidak perlu, yang dapat mengurangi ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Selain itu, ini juga akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari dan mengatur stok. Sehingga, staf restoran dapat fokus pada tugas-tugas lain yang lebih bernilai tambah, seperti persiapan makanan dan pelayanan pelanggan.

Apa Contoh Penerapan FIFO Pada Restoran?

Contoh Penerapan FIFO
Contoh Penerapan FIFO – Sumber: www.pexels.com

Bahan Baku Dapur

Salah satu contoh penerapan metode FIFO dalam bisnis restoran adalah pada pengelolaan bahan baku dapur, seperti daging, sayuran, bumbu, dan bahan makanan lainnya.

Ketika restoran menerima pengiriman baru, staf akan menyimpan bahan makanan tersebut di bagian belakang dari stok yang sudah ada.

Ketika saatnya menggunakan bahan-bahan tersebut dalam proses memasak, staf akan mengambil dari bagian depan yang merupakan barang yang lebih lama masuk.

Dengan cara ini, restoran dapat memastikan bahwa bahan yang lebih lama digunakan terlebih dahulu, mengurangi risiko pemborosan karena kadaluwarsa atau penurunan kualitas.

Baca juga:  Menjelajahi 6 Macam Kebab Khas Dari Negara Timur Tengah

Persediaan Minuman

Metode FIFO juga dapat diterapkan pada pengelolaan persediaan minuman dalam restoran, seperti bir atau minuman ringan lainnya.

Ketika restoran menerima pengiriman baru minuman, minuman tersebut ditempatkan di bagian belakang dari persediaan yang sudah ada.

Ketika pelanggan memesan, staf akan mengambil minuman dari bagian depan persediaan untuk memastikan bahwa minuman yang lebih lama dapat digunakan terlebih dahulu.

Hal ini membantu mengurangi pemborosan minuman yang tidak terjual dan memastikan bahwa minuman yang disajikan kepada pelanggan selalu segar.

Penyajian Makanan Siap Saji

Dalam restoran yang menyajikan makanan siap saji, seperti roti, kue, atau makanan pembungkus, metode FIFO juga dapat diterapkan.

Ketika restoran menerima pengiriman baru makanan siap saji, produk tersebut ditempatkan di bagian belakang dari persediaan yang sudah ada.

Ketika pelanggan memesan makanan siap saji, staf akan mengambil produk dari bagian depan dari persediaan, memastikan bahwa produk yang sudah ada lebih lama dijual terlebih dahulu.

Nah, itulah pembahasan mengenai sistem FIFO. Penerapannya sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan menghindari pemborosan dalam bisnis restoran.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis