Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Jenis Jenis Sambel Untuk Ide Menu Bisnis Kuliner Lokal

Jenis Jenis Sambel
Blog

Jenis Jenis Sambel Untuk Ide Menu Bisnis Kuliner Lokal

Berbicara tentang kuliner Indonesia, tentu tidak bisa dilepaskan dengan menu sambal. Jenis jenis sambel di Indonesia sendiri sangat beragam dan masing-masing diantaranya memiliki cita rasa yang khas.

Menu sambal ini biasanya berperan sebagai menu pelengkap di setiap hidangan terutama yang berkaitan daging atau sayuran.

Nah, apabila anda sedang menjalankan bisnis kuliner dengan konsep lokal, tentu menyediakan menu sambal ini adalah hal yang wajib untuk anda lakukan.

Jenis Jenis Sambel

Macam Macam Sambal
Macam Macam Sambal – sumber: www.unsplash.com

Berikut adalah beberapa macam sambal yang populer di Indonesia beserta penjelasannya.

Sambal Andaliman

Sambal asli Indonesia yang berasal dari Batak, Sumatera. Menawarkan cita rasa pedas dengan aroma rempah yang khas dari biji andaliman.

Terbuat dari bahan-bahan utama seperti cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, jeruk nipis, dan garam.

Sambal Bajak

Sambal yang satu ini mudah dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Memiliki cita rasa yang pedas dan manis sehingga cocok untuk yang tidak terlalu suka pedas.

Dalam pembuatannya, menggunakan bahan-bahan utama seperti cabai merah besar dan cabai keriting. Ketika disajikan, sambal ini biasanya sudah dalam keadaan matang atau sudah dimasak di sebelumnya.

Sambal Balado

Sambal ini berasal dari Sumatera tepatnya daerah Minangkabau. Menawarkan cita rasa yang pedas manis dan biasanya disajikan dengan hidangan daging atau ikan.

Untuk bahan-bahannya sendiri, biasanya terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat yang dimasak dengan cara digoreng.

Baca juga:  11 Jenis Jenis Sushi Yang Populer Untuk Ide Bisnis Kuliner

Sambal Bawang

Jenis sambal ini terbilang populer dan dapat dijumpai di banyak wilayah. Menawarkan cita rasa yang pedas dan gurih dengan aroma yang memikat.

Dalam pembuatannya, biasanya menggunakan bahan-bahan seperti bawang merah digoreng garing, cabai merah, garam, dan terkadang ditambahkan sedikit gula.

Sambal Pedas
Ilustrasi Sambel Pedas – sumber: www.unsplash.com

Sambal Cabe Ijo

Sambal ini juga dikenal dengan nama Sambal Lado Ijo yang mana berasal dari Sumatera Barat. Menawarkan cita rasa yang pedas dan sering disajikan sebagai pelangkap nasi.

Bahan-bahan utamanya terdiri dari dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, tomat.

Sambal Colo-Colo

Sambal khas dari Maluku yang memiliki cita rasa asam segar. Biasanya sering disajikan bersama hidangan ikan bakar atau ikan goreng.

Terbuat dari bahan-bahan utama seperti cabai, bawang merah, dan tomat. Selain itu, juga terdapat perasan jeruk nipis dan kecap manis.

Sambal Dabu-Dabu

Sambal ini berasal dari Sulawesi Utara dan terkenal dengan rasa asam segar. Cocok digunakan sebagai peneman hidangan ikan bakar.

Untuk bahan-bahan utamanya sendiri, terdiri dari cabai merah besar atau cabai rawit merah, tomat, jeruk limau, garam, dan gula.

Bahan-bahan tersebut diiris tipis dan diaduk, lalu biasanya disiram dengan minyak panas hingga meresap.

Sambal Mangga

Sambal ini juga dikenal dengan Sambal Pencit yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bahan utamanya adalah buah mangga muda yang menawarkan rasa asam segar dan sedikit pedas.

Sangat pas bila disantap dengan hidangan-hidangan seperti bebek goreng, ikan bakar, atau ayam goreng tepung.

Sambal Matah
Ilustrasi Sambal Matah – sumber: www.unsplash.com

Sambal Matah

Sambal khas dari Bali yang terkenal dengan rasa segar dan pedas dengan aroma yang menggugah selera. Cocok disajikan dengan hidangan-hidangan seperti ayam goreng, bebek goreng, dan seafood.

Baca juga:  Arti Gluten Free Dan Penerapannya Dalam Bisnis Kuliner

Dibuat dari bahan-bahan mentah seperti bawang merah, cabai, daun jeruk dan serai. Semua bahan ini diiris tipis lalu dicampur minyak.

Sambal Petis

Sambal ini biasanya ditemukan di Jawa Timur dan beberapa wilayah di Jawa Tengah. Menawarkan cita rasa yang manis dan gurih.

Bahan utamanya terdiri dari petis yaitu sebuah pasta dari fermentasi udang. Cocok disajikan sebagai pedamping hidangan sayur atau seafood.

Sambal Roa

Sambal tradisional yang berasal dari dari Manado, Sulawesi Utara. Menawarkan cita rasa yang gurih dengan campuran bahan ikan roa.

Bahan-bahannya terdiri dari ikan roa, cabai merah, dan cabai rawit. Selain itu, terkadang juga dicampur dengan berbagai bumbu rempah dan tomat.

Sambal Terasi

Sambal ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Menawarkan cita rasa yang unik dan gurih berkat adanya campuran bahan terasi.

Terbuat dari cabai yang dihaluskan dengan terasi yaitu bumbu yang dibuat dari fermentasi ikan atau udang rebon.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam sambal ini. Mungkin beberapa sambal ini dapat menjadi inspirasi untuk menu di bisnis kuliner anda.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis