Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

11 Jenis Makanan Seafood Untuk Ide Menu Restoran

Jenis Makanan Seafood
Blog

11 Jenis Makanan Seafood Untuk Ide Menu Restoran

Seafood adalah sebutan untuk makanan yang bersumber dari laut. Jenis makanan seafood ini dikenal kaya akan nutrisi seperti protein, asam lemak, dan omega 3 yang baik untuk tubuh.

Bagi anda yang membuka atau menjalankan bisnis restoran, mungkin bisa mencoba menambahkan seafood ke menu anda. Sebab, di samping kaya akan nutrisi, seafood ini juga dikenal lezat dan populer di kalangan pecita kuliner.

Jenis Makanan Seafood Untuk Ide Menu

Berikut adalah beberapa jenis makanan seafood yang cocok dijadikan ide menu restoran.

Salmon

Salmon
Ilustrasi Salmon – Sumber: www.unsplash.com

Salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang terkenal dengan dagingnya yang berwarna merah muda dan kaya akan omega-3 dan protein.

Omega-3 dalam salmon dikenal baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, rasa lembut dan lezat membuatnya sering menjadi pilihan utama untuk bahan hidangan panggang dan juga sushi.

Tiram

Tiram
Ilustrasi Tiram – Sumber: www.unsplash.com

Tiram adalah salah satu jenis seafood yang cukup populer. Rasa yang segar dan tekstur kenyal menjadikannya hidangan yang sangat dicari.

Umumnya, tiram ini disajikan mentah sebagai Oyster Shooters atau dapat juga dimasak dengan cara dibakar sebagai Grilled Oysters.

Udang

Udang
Ilustrasi Udang – Sumber: www.unsplash.com

Udang adalah hidangan populer untuk jenis masakan dari Asia hingga Amerika Latin. Memiliki karakteristik rasa yang manis dan tekstur kenyal.

Jenis seafood ini dapat dimasak dengan berbagai metode, termasuk panggang, rebus, atau digoreng. Udang juga kaya akan protein, selenium, dan vitamin B12.

Kepiting

Kepiting
Ilustrasi Kepiting – Sumber: www.unsplash.com

Kepiting adalah hewan laut yang menyajikan daging lembut dan lezat. Dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, atau digoreng, dan sering diolah menjadi saus atau soup yang lezat.

Baca juga:  Macam Macam Dimsum Dan Namanya: Warisan Kuliner Dari Asia

Cumi-Cumi

Cumi-Cumi
Ilustrasi Cumi-Cumi – Sumber: www.unsplash.com

Cumi-cumi memiliki daging berwarna putih dengan tekstur yang kenyal. Rasanya yang netral membuatnya cocok digunakan untuk berbagai resep.

Namum, cumi-cumi seringkali dimasak cepat untuk menjaga kekenyalannya. Dapat diolah menjadi berbagai hidangan, termasuk panggang, goreng, atau masak dalam saus.

Gurita

Gurita
Ilustrasi Gurita – Sumber: www.unsplash.com

Gurita adalah hewan laut dengan daging yang kenyal dan lezat. Sering dimasak dengan cara dipanggang, direbus, atau digoreng.

Dalam masakan Mediterania, gurita sering dihidangkan dengan rempah-rempah dan saus zaitun.

Kerang

Kerang
Ilustrasi Kerang – Sumber: www.unsplash.com

Kerang menawarkan cita rasa laut yang khas pada hidangan. Umumnya dimasak sebagai clam chowder yang kaya akan krim atau dihidangkan dalam saus pedas dengan pasta, kerang menawarkan variasi rasa yang tak tertandingi.

Lobster

Lobster
Ilustrasi Lobster – Sumber: www.unsplash.com

Lobster seringkali dianggap sebagai makanan mewah, menawarkan daging putih yang lembut dan manis.

Dapat dimasak dengan cara direbus, dipanggang, atau diolah menjadi hidangan seperti lobster bisque.

Sarden

Sarden
Ilustrasi Sarden – Sumber: www.unsplash.com

Sarden tergolong jenis ikan kecil akan tetapi juga kaya akan vitamin D, kalsium, dan omega-3. Cocok untuk disajikan untuk menu hidangan seperti salad, pasta, atau dapat dijadikan sebagai camilan.

Teri

Ikan Teri
Ilustrasi Ikan Teri – Sumber: www.unsplash.com

Meskipun ikan teri tergolong ikan kecil, akan tetapi memiliki rasa yang kuat dan unik serta kaya akan asam lemak omega-3.

Untuk pengolahannya, ikan teri dapat digoreng atau diawetkan. Selain itu, juga sering digunakan sebagai tambahan pada hidangan seperti pizza, salad, atau sushi.

Rumput Laut

Nori Rumput Laut
Nori Rumput Laut – Sumber: www.unsplash.com

Rumput laut adalah kelompok alga laut yang digunakan dalam berbagai hidangan Asia, terutama Jepang. Selain memberikan rasa laut yang khas, rumput laut juga kaya akan mineral dan serat.

Sebagai contoh,  jenis rumput laut nori sebagai pembungkus pada hidangan menu sushi dan sashimi. Sementara untuk jenis rumput laut wakame dan kombu, sering digunakan dalam soup dan salad.

Baca juga:  Pengertian Gueridon Service Serta Ciri-Ciri Dan Peralatannya

Demikianlah pembahasan tentang jenis makanan seafood ini. Semoga bisa menjadi inspirasi ide menu untuk bisnis restoran anda.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis