Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

11 Jenis Jenis Sushi Yang Populer Untuk Ide Bisnis Kuliner

Jenis Jenis Sushi
Blog

11 Jenis Jenis Sushi Yang Populer Untuk Ide Bisnis Kuliner

Kepopuleran jenis jenis sushi khas Jepang dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk dicoba. Sushi bisa anda sediakan sebagai menu andalan untuk menarik perhatian pelanggan.

Saat ini, terdapat banyak varian sushi mulai dari Norimaki hingga Noritaco. Untuk leboh lengkap mengenai varian-varian sushi, mari kita bahas di bawah ini.

Jenis Jenis Sushi Untuk Ide Bisnis Kuliner

Berikut adalah beberapa macam-macam sushi dan namanya.

Norimaki

Norimaki
Ilustrasi Norimaki – Sumber: www.unsplash.com

Norimaki merupakan varian sushi yang paling umum dijumpai di restoran-restoran. Sushi ini berbentuk silinder dengan gulungan dari lembaran nori (rumput laut) dan isian nasi, sayuran, dan daging.

Untuk dagingnya sendiri, itu bisa dari ikan, daging sapi, atau daging ayam yang sudah dimasak. Sementara untuk penyajiannya, sushi ini biasanya dipotong kecil dan dinikmati dengan soy sauce dan wasabi.

Oshizushi

Oshizushi
Ilustrasi Oshizushi – Sumber: www.unsplash.com

Oshizushi adalah hidangan sushi yang memiliki bentuk kotak dengan nori di bagian atas dan bawahnya. Dalam pembuatannya, sushi ini menggunakan bahan nasi yang dicampur dengan potongan sayur-sayuran.

Pada dasarnya, oshizushi ini mirip dengan varian sushi bulat pada umumnya, hanya saja  Oshizushi divariasikan dengan bentuk berbeda, yaitu berbentuk kotak balok.

Sashimi

Sashimi
Ilustrasi Sashimi – Sumber: www.unsplash.com

Sahimi merupkan varian sushi yang hanya terdiri dari irisan daging ikan mentah tanpa adanya nasi. Jenis ikan yang digunakan biasanya dari salmon atau tuna.

Dalam penyajiannya, sashimi biasanya dipadukan dengan shoyu dan wasabi. Keahlian dalam memotong ikan dari chef merupakan kunci utama dalam pembuatan sushi ini.

Selain itu, proses pengolahan ikan yang tepat akan menghilangkan aroma amis pada ikan.

Baca juga:  12 Cara Meningkatkan Penjualan Cafe Yang Wajib Diterapkan

Nigiri

Nigiri
Ilustrasi Nigiri – Sumber: www.unsplash.com

Nigiri adalah jenis sushi yang paling umum dan mudah dikenali. Terdiri dari sepotong nasi kecil yang dipadatkan dan diberi topping berupa irisan daging segar.

Jenis daging yang biasanya digunakan terdiri dari salmon, tuna, cumi-cumi, dan gurita. Selain itu, Nigiri ini seringkali diberi sentuhan wasabi untuk menambah cita rasa dan disajikan dengan soy sauce.

Bedanya dengan jenis sushi lainnya, Nigiri umumnya hanya menggunakan sedikit nori atau tidak sama sekali.

Inarizushi

Inarizushi
Ilustrasi Inarizushi – Sumber: www.unsplash.com

Inarizushi ini merupakan varian sushi yang unik karena menggunakan kulit tofu sebagai bahan pembungkusnya. Berbeda dengan sushi lainnya yang umumnya memakai nori.

Terbuat dari bahan nasi halus yang diberi tambahan bumbu dan campuran wijen. Dengan penggunaan tofu, ini membuat tampilan luar sushi menjadi coklat keemasan dan menarik.

Futomaki

Futomaki
Ilustasi Futomaki – Sumber: www.unsplash.com

Futomaki merupakan sushi yang berbentuk gulungan besar. Ukuran diameternya lebih tebal dan besar bila dibandingkan dengan Norimaki.

Untuk bahannya isiannya terdiri dari nasi dan sayuran. Hanya saja komposisi nasinya lebih sedikit dibandingkan dengan sayurannya. Sementara untuk pembungkusnya, tetap menggunakan nori pada umumnya.

Gunkan

Gunkan
Ilustrasi Gunkan – Sumber: www.unsplash.com

Dalam Bahasa Jepang, Gunkan berarti “kapal perang”. Penamaan ini diberikan karena bentuk sushi terbilang menyerupai kapal perang.

Bahannya terdiri dari nasi dipadatkan di sekitar pinggiran nori dan diisi dengan bahan isian seperti telur ikan (tamago) atau mentai.

Selain nori, sushi ini terkada menggunakan pembungkus dari irisan timun. Ini membuat tampilan sushi menjadi nampak lebih segar.

Hosomaki

Hosomaki
Ilustrasi Hosomaki – Sumber: www.unsplash.com

Hosomaki ini sebenarnya hampir mirip dengan sushi roll lainnya, hanya saja ukurannya lebih kecil. Isiannya biasanya berisi satu isian saja. Biasanya itu isian menggunakan tuna, salmon, dan crab stick.

Bila disbandingkan dengan Norimaki dan Futomaki, ukuran diameter tentu jauh lebih kecil. Karena ukurannya yang tergolong kecil ini membuat sushi ini sering dibawa sebagai bekal ke sekolah atau ke kantor.

Baca juga:  Mengenal 8 Jenis Kuah Ramen Khas Jepang Untuk Ide Usaha Kuliner

Uramaki

Uramaki
Ilustrasi Uramaki – Sumber: www.unsplash.com

Uramaki ini termasuk dalam varian sushi roll pada umumnya. Hanya saja, sushi ini ditata dengan kombinasi khusus.

Bila biasanya nori digunakan pembungkus paling luar di sushi pada umumnya. Maka, di sushi ini, nori diletakan di bagian dalam.

Untuk isiannya, umumnya menggunakan ikan segar atau ikan matang dengan kombinasi sayur-sayuran. Pada bagian isiannya, tetap menggunkan ikan segar atau ikan matang dengan kombinasi sayuran. 

Temaki

Temaki
Ilustrasi Temaki – Sumber: https://pin.it/VIjNCvB

Temaki merupakan sushi dengan bentuk seperti kerucut seperti cone pada es krim. Cara pembuatannya terbilang paling sederhana bila dibandingkan sushi pada umumnya.

Proses pembuatannya menggunakan dengan alat khusus, bagian dalamnya dibiarkan berongga atau tidak terlalu dipadatkan.

Sementara untuk isiannya, biasanya terdiri dari kombinasi ikan dan sayur segar yang terkadang ada tambahan wasabi.

Noritaco

Noritaco
Ilustrasi Noritaco – Sumber: https://pin.it/4j1tRaW

Noritaco merupakan varian sushi modern yang dibuat dari perpaduan antara sushi dan taco. Ini merupakan salah satu jenis fusion food yang mulai popular di awal 2020-an.

Pengemasan dan penyajian Noritaco menyerupai bentuk taco (makanan dari meksiko). Pembungkusnya menggunakan nori dan isiannya menggunakan daging ikan dan topping seperti halnya sushi pada umumnya.

Nah, itulah beberapa macam-macam sushi. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk bisnis kuliner anda.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis