Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

5 Jenis Jenis Gelato Yang Cocok Dijadikan Untuk Menu Dessert

Jenis Jenis Gelato
Blog

5 Jenis Jenis Gelato Yang Cocok Dijadikan Untuk Menu Dessert

Jenis jenis gelato terbilang memiliki cukup banyak varian seperti Sorbetto, Tartufo, Spumoni, Semifreddo, dan Affogato. Dalam blog ini, kita secara khusus akan membahas semua varian gelato ini.

Nah, buat yang belum tau, gelato merupakan salah satu menu makanan penutup dari Italia yang cukup mendunia. Memiliki tekstur yang creamy dan sangat untuk semua lidah. Untuk anda yang sedang mencari menu café atau restoran, mungkin menu ini bisa menjadi inpirasi list menu dessert anda.

Jenis Jenis Gelato Khas Italia

Gelato Khas Italia
Gelato Khas Italia – Sumber: www.unsplash.com

Ada banyak versi yang membahas mengenai asal mula ditemukan Gelato. Salah satunya dilansir dari halaman Art Miami Magazine, Gelato ditemukan pada abad ke-16 oleh Bernando Buontalenti, penduduk asli Florence, Italia.

Bernando Buontalenti ini adalah seorang juru masak yang dianggap sebagai penemu gelato, karena dia disebut-sebut sebagai orang pertama yang memasukkan susu dan telur ke dalam campurannya.

Berikut merupakan jenis jenis gelato khas dari negara Italia.

Tartufo

Tartufo
Ilustrasi Tartufo – Sumber: www.unsplash.com

Tartufo adalah jenis gelato yang disajikan dalam bentuk bola-bola kecil dan seringkali dilapisi dengan lapisan cokelat.

Secara tradisional tartufo ini dibuat dari kombinasi dari isian cokelat hitam pahit dengan es krim hazelnut. Kemudian, adonan tersebut ditaburkan bubuk cokelat dengan rasa yang pahit.

Saat ini, tartufo sudah dibuat dengan berbagai macam rasa dan isian seperti buah-buahan, cookies, dan cherry maraschino. Sementara, pelapis luarnya juga bervariasi mulai dari cokelat, kacang-kacangan, kukis yang dihancurkan, atau juga kelapa parut kering.

Sorbetto

Sorbetto
Ilustrasi Sorbetto – Sumber: www.unsplash.com

Sorbetto ini bisa dikatakan sebagai gelato dengan varian vegan. Sebab, bahan pembuatannya berbeda dengan jenis gelato lainnya. Dimana tidak ada penggunaan susu, krim, dan kuning telur.

Baca juga:  Struktur Organisasi Bar Dengan Skala Menengah Dan Besar

Untuk bahannya, umumnya akan menggunakan air, gula, dan buah-buahan asli. Memiliki tekstur yang lebih ringan dengan cita rasa segar dan manis yang alami.

Dengan ketiadaan bahan susu di dalam pembuatannya, maka Sorbetto ini cocok untuk yang mencari pilihan makanan dessert varian vegan.

Spumone

Spumone
Ilustrasi Spumone – Sumber: www.unsplash.com

Spumone adalah jenis gelato yang memiliki ciri khas berlapis. Secara tradisional, lapisannya terdiri dari Cokelat, Vanila, dan Buah-Buahan yang dikombinasikan dengan kacang-kacangan.

Selain di Italia, Spumone ini juga popular di benua Amerika khususnya Argentina dan Amerika Serikat. Hal itu dikarenakan dulunya banyak imigran Italia yang mempopulerkan jenis gelato ini di negara-negara tersebut.

Setiap lapisan spumoni ini menawarkan cita rasa yang berbeda di lidah. Sehingga, wajib dimasukan ke menu dessert anda.

Semifreddo

Semifreddo
Ilustrasi Semifreddo – Sumber: www.unsplash.com

Dalam Bahasa Italia, kata “Semifreddo” dapat diartikan sebagai “Setengah Dingin”. Nah, inilah yang menjadi salah satu ciri khas dari varian gelato ini.

Semifreddo disajikan dalam bentuk tidak terlalu beku dan dingin seperti eskrim – eskrim pada umumnya. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan krim.

Selain itu, varian Semifreddo ini juga ada yang dibuat dengan rasa-rasa seperti vanilla dan hazelnut. Menawarkan teksur yang lembut hampir menyerupai mousse.

Affogato

Affogato
Ilustrasi Affogato – Sumber: www.unsplash.com

Dalam Bahasa Italia, affogato dapat diartikan sebagai “Tenggelam”. Hal ini mengacu pada cara pembuatannya dimana es krim atau gelato ditenggelamkan dalam espresso.

Espresso yang panas akan dituangkan di atas gelato yang dingin. Proses ini tentu akan membuat gelato mencair dan meciptakan perpaduan rasa antara manis dan pahit di lidah.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis gelato ini. Seperti yang disebutkan di atas, setiap gelato mempunyai ciri khasnya masing-masing. Mungkin ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ide menu di café anda.

Baca juga:  15 Masakan Khas Thailand Yang Cocok Untuk Ide Menu Restoran

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis