Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Pengertian Fusion Food Beserta Jenis Dan Contoh-Contohnya

Pengertian Fusion Food
Blog

Pengertian Fusion Food Beserta Jenis Dan Contoh-Contohnya

Istilah dan pengertian Fusion Food mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Dalam blog ini, kami akan secara khusus membahas mengenai fusion food mulai dari artinya, sejarah, jenis, hingga contohnya.

Di Indonesia, Fusion Food memang belum terlalu populer. Oleh karenanya, ini mungkin bisa menjadi salah satu ide yang fresh untuk diterapkan bila anda sedang menjalani usaha di kuliner.

Pengertian Fusion Food

Sushi
Sushi – sumber: www.unsplash.com

Fusion food atau makanan fusi merupakan gaya memasak yang menggabungkan unsur-unsur dari berbagai tradisi kuliner yang berbeda. Penggabungan ini mencakup cita rasa, teknik memasak, dan bahan dari berbagai negara atau budaya.

Tujuan dari penggabungan gaya memasak ini adalah untuk menciptakan hidangan yang unik dengan karakteristik rasa yang berbeda.

Sejarah Fusion Food

Sejarah Fusion Food
Sejarah Fusion Food – sumber: www.unsplash.com

Pada awalnya, fusion food ini diperkenalkan pertama kali di tahun 1970-an oleh seorang chef terkenal yang bernama Wolfgang Puck.

Ketika itu, Wolfgang Puck membuka restoran yang bernama Chinois Restaurant dengan menu fusion food. Istilah Chinois tesebut mengacu pada perpaduan China dan Prancis.

Tahun 1990-an merupakan masa puncak dari perkembangan fusion food ini. Hal tersebut didasari munculnya banyak aneka bumbu dan masakan yang datang dari benua Amrerika dan Eropa ke Asia.

Dengan proses lalu lintas budaya ini memicu terjadinya terciptanya kombinasi jenis masakan yang berbeda. Misalnya, burger yang datang dari Amerika diberi saos callipso dari Meksiko.

Selain itu, Sushi dari Jepang juga berkembang di Amerika. Dibuat dengan isian yang bervariasi mulai dari keju dan mayonnaise. Hal ini juga menciptakan rasa baru di lidah orang Amerika.

Baca juga:  Peluang Usaha Food Court Dan Bagaimana Cara Memulainya

Syarat Pembuatan Fusion Food

Nasi Goreng
Nasi Goreng – sumber: www.unsplash.com

Dalam pembuatan fusion food ini, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar tidak memberikan kesan buruk bagi masakan aslinya.

  • Memahami cita rasa dan resep asli dari setiap masakan yang ingin dikombinasikan.
  • Memadukan dua masakan dengan gaya, budaya, cita rasa yang berbeda.
  • Selalu perhatikan teknik memasak agar tidak mempengaruhi bahan dan rasa yang ada.
  • Rasa kombinasi food yang dihadirkan harus tetap masuk akal dan enak.

Jenis Jenis Fusion Food

Laksa
Laksa – sumber: www.unsplash.com

Sub-Regional Fusion Food

Penggabungan masakan dari daerah yang berdekatan secara geografis atau memiliki sejarah bersama. Ini menciptakan kombinasi rasa unik yang memadukan nuansa dari kedua budaya.

Sebagai contoh, masakan Tex-Mex adalah hasil dari perpaduan antara masakan Amerika dan Meksiko di wilayah perbatasan.

Masakan ini mencakup hidangan seperti fajitas, yang menggabungkan daging panggang ala Amerika dengan tortilla dan saus khas Meksiko.

Regional Fusion Food

Penggabungan masakan yang mencakup seluruh wilayah atau negara yang memiliki ciri khas kuliner tersendiri. Ini bisa menjadi akibat dari pengaruh budaya yang kuat atau sejarah panjang interaksi antar komunitas kuliner.

Sebagai contoh, masakan Peranakan di Singapura adalah contoh regional fusion food. Ini adalah perpaduan antara budaya Tionghoa dan Melayu, menghasilkan hidangan-hidangan seperti Laksa dan Ayam Buah Keluak yang kaya rasa.

Continental Fusion Food

Penggabungan masakan dari benua yang berbeda. Ini adalah bentuk fusion food yang paling ambisius, karena mencoba menggabungkan kekayaan budaya kuliner yang sangat berbeda.

Salah satu contohnya adalah fusi antara masakan Eropa dan Asia yang dikenal sebagai “Euro-Asian Fusion”. Perpaduan teknik memasak Eropa dengan bahan-bahan dan rempah-rempah Asia, menghasilkan hidangan-hidangan seperti bebek panggang dengan saus hoisin dan risotto dengan wasabi.

Baca juga:  Faktor-Faktor Yang Dapat Menyebabkan Restoran Bangkrut

Contoh Fusion Food Lainnya

Contoh Fusion Food
Contoh Fusion Food – sumber: www.unsplash.com

California Roll

Penggabungan antara masakan Amerika dan Jepang. Sushi yang pertama kali muncul di California dikombinasikan dengan bahan-bahan regional seperti alpukat, kepiting, dan mentimun. Itu menghasilkan California roll.

Korean BBQ Taco

Perpaduan antara masakan Korea yang khas dengan konsep taco ala Amerika.

Daging bulgogi yang dimasak di atas panggangan dan disajikan dalam tortilla dengan kimchi. Ini menjadi hidangan yang sangat populer di Amerika.

Indo-Chinese Cuisine

Perpaduan masakan Indonesia dan Tiongkok. Hidangan-hidangan seperti Nasi Goreng merupakan hasil dari perpaduan dua budaya kuliner yang kaya.

Demikian tentang pembahasan mengenai fusion food ini. Barangkali anda membutuhkan ide dan konsep usaha kuliner yang lebih inovatif, mungkin menu fusion food ini dapat menjadi inspirasi yang tepat.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis