Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

11 Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Untuk Menghadapi Pesaing

Strategi Pemasaran Usaha Kuliner
Blog

11 Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Untuk Menghadapi Pesaing

Strategi pemasaran usaha kuliner yang tepat memang menjadi hal yang wajib untuk dilakukan saat ini bila ingin memenangi suatu persaingan pasar kuliner yang pesat.

Seperti yang mungkin anda sudah ketahui, bisnis kuliner saat ini sangat mudah ditemukan hampir di setiap tempat yang menyuguhkan berbagai menu yang menarik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa strategi pemasaran usaha kuliner yang dapat membantu usaha anda agar dapat bersaing dan lebih berkembang.

Mengenal Pasar dan Menentukan Segmentasi

Strategi Marketing Usaha Kuliner
Strategi Marketing Usaha Kuliner – sumber: www.pexels.com

Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam merancang strategi pemasaran bisnis makanan adalah dengan mengenal pasar dan menentukan segmentasi.

Untuk memahami itu, anda dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti: siapa yang akan menjadi target pasar anda? apakah usaha berfokus pada kalangan anak muda, pekerja kantoran, atau keluarga?

Ketika sudah mengenal pasar dengan baik, anda akan menjadi lebih mudah di dalam mengarahkan pemasaran anda dengan lebih relevan.

Sebagai contoh kasus, anda memiliki restoran yang menyediakan menu khusus khas-khas daerah. Anda dapat mengarahkan pemasaran anda pada komunitas yang memiliki hubungan emosional dengan menu-menu tersebut. Itu bisa melalui promosi di acara-acara budaya atau festival kuliner.

Menampilkan Konten Foto Atau Video Yang Menarik

Tips Membuat Foto Yang Menarik Untuk Usaha Kuliner
Tips Membuat Foto Yang Menarik Untuk Usaha Kuliner – sumber: www.unsplash.com

Untuk dapat menarik calon pelanggan, anda dapat membuat konten foto atau video tentang menu makanan ataupun suasana restoran atau cafe anda.

Nantinya konten foto atau video ini dapat anda unggah di website atau sosial media usaha anda.

Untuk sosial media, anda dapat memilih Instagram, Facebook, Tiktok karena ketiganya memiliki pengguna yang cukup banyak saat ini. Namun, perlu juga disesuaikan dengan target yang ingin disasar.

Baca juga:  7 Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Terjaga Kualitasnya

Khusus untuk tips menghasilkan foto makanan yang bagus, anda bisa lihat di bawah ini.

  1. Gunakan kamera yang memiliki spesifikasi bagus, bisa memakai DSLR, Mirrorless, ataupun smartphone.
  2. Pastikan pencahayaan pas pengambilan foto tidak gelap.
  3. Pertahankan warna makanan atau minuman agar terlihat natural di foto.
  4. Maksimalkan hasil foto dengan aplikasi-aplikasi seperti adobe photoshop, adobe lightroom, dan lain sebagainya.

Melakukan Kerjasama Dengan Food Influencer

Kerjasama Dengan Food Influencer
Kerjasama Dengan Food Influencer – sumber: www.unsplash.com

Kerjasama dengan food influencer merupakan strategi yang efektif untuk dilakukan saat ini. Mengingat rata-rata Food Influencer memiliki jumlah follower yang banyak.

Hal tersebut dapat menjadi cara cepat untuk mengenalkan produk kuliner anda kepada masyarakat luas.

Tidak hanya itu, mereka juga memiliki kemampuan di dalam menampilkan agar makanan terlihat lebih enak dan menggunggah selera.

Untuk melakukan kerjasama dengan food influencer ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti dengan mengirimkan mereka produk makanan anda atau bisa juga dengan mengundang mereka untuk datang ke restoran anda.

Melalui ulasan tersebut, anda dapat meminta mereka untuk mengunggahnya di media sosial, sehingga para follower mereka akan dapat melihat bagaimana daya tarik menu makanan yang anda tawarkan.

Mendaftarkan Tempat Usaha Pada Aplikasi Pencarian Restoran

Strategi Pemasaran Usaha Makanan
Strategi Pemasaran Usaha Makanan – sumber: www.unsplash.com

Mungkin anda sudah pernah mendengar aplikasi pencarian restoran ini, aplikasi ini akan memberikan kemudahan untuk orang-orang di dalam menemukan rekomendasi tempat makan terdekat.

Sebagai pelaku bisnis di bidang kuliner tentu anda juga dapat memanfaatkan ini sebagai strategi pemasaran usaha makanan.

Anda dapat mendaftarkan usaha tempat makan anda serta melengkapi form-form seperti menu makanan, harga, hingga fasilitas yang tersedia.

Bila anda sudah mendaftarkan diri, nantinya usaha tempat makan anda akan untuk muncul di daftar pencarian dan berpotensi lebih dikenal oleh orang-orang.

Dalam aplikasi ini, juga menyedakan kolom dimana pengunjung dapat memberi mengulas tentang makanan dan pelayanan anda. Sehingga, hal tersebut juga dapat meningkatkan reputasi usaha tempat makan anda.

Untuk di Indonesia, ada banyak aplikasi layanan pencarian restoran yang bisa anda pakai. Beberapa yang populer diantaranya: Tripadvisor, PergiKuliner, Qraved, Mangan, Foodsessive, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Alat Membuat Kopi Barista Yang Umumnya Ada Di Coffee Shop

Mendaftarkan Usaha Pada Aplikasi Pesan Antar Makanan

Layanan Delivery di Cafe dan Restoran
Aplikasi Pesan Antar Makanan – sumber: www.pexels.com

Selain mendaftarkan pada aplikasi pencarian restoran, anda juga dapat mendaftarkan usaha kuliner ke aplikasi pesan antar makanan misalnya: GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Dalam aplikasi ini, anda dapat memasarkan produk makanan dan minuman yang dimiliki. Pastikan anda menampilkan foto-foto yang bagus untuk menarik pelanggan.

Selain itu, anda juga dapat membuat promo-promo menarik untuk memikat pelanggan agar mau beli langsung.

Oleh karena itu, aplikasi pesan antar makanan sangat layak untuk dijadikan tempat untuk memasarkan produk dan menaikan penjualan anda.

Mengikuti Event-Event Kuliner

Event-Event Kuliner
Event-Event Kuliner – sumber: www.unsplash.com

Mengikuti event-event kuliner adalah strategi pemasaran berikutnya yang bisa anda terapkan untuk memperkenalkan usaha kuliner anda.

Di kota-kota besar atau tempat-tempat wisata biasanya diselenggarakan event-event seperti Food Bazzar atau Food Festival. Anda dapat ikut serta dengan menyewa stand dalam event-event tersebut.

Dalam stand tersebut nantinya, anda dapat menyediakan produk makanan dan minuman yang dimiliki.

Selain itu, pastikan anda juga mempersiapkan banner yang mencantumkan media sosial dan nama restoran anda. Ini penting agar orang-orang yang lewat mengenal stand anda.

Menyediakan Promo dan Diskon Terbatas

Cara Promosi Dan Diskon Untuk Bisnis Kuliner
Cara Promosi Dan Diskon Untuk Bisnis Kuliner – sumber: www.unsplash.com

Promo dan diskon selalu menjadi strategi efektif agar orang-orang mau berkunjung dan membeli produk anda. Karena, hampir setiap orang menginginkan promo dan diskon karena harga dari promo dan diskon ini lebih hemat dibandingkan harga biasanya.

Bentuk variasi promo dan diskon ini bisa seperti beli 2 gratis 1, potongan harga berapa persen, gratis ongkos pengiriman (delivery), dan lain sebagainya.

Sebelum pemberian diskon, penting untuk anda selalu membuat perhitungan secara matang agar nantinya itu tidak menimbulkan kerugian bagi usaha kuliner anda.

Menggunakan Layanan Penyedia Iklan

Layanan Google Ads
Layanan Google Ads – sumber: www.unsplash.com

Iklan (Ads) merupakan strategi yang bisa anda lakukan berikutnya untuk memasarkan usaha kuliner anda. Namun, perlu untuk diketahui bahwa cara ini untuk mewajibkan anda untuk menyiapkan budget lebih.

Saat ini, pilihan layanan iklan yang bisa anda pilih adalah seperti Google Ads atau Instagram Ads. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca juga:  Pengertian Silverware Restoran Dan Apa Saja Jenis-Jenisnya

Dengan iklan, anda akan menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan waktu yang lebih cepat. Sehingga, ini merupakan pilihan tepat bila anda ingin menaikan brand awareness dari bisnis anda.

Namun, perlu untuk diketahui bahwa untuk mendapatkan hasil iklan yang efektif perlu sedikit pengetahuan khususnya dalam hal setup dan pengelolaannya. Sehingga, disarankan untuk anda mengambil course terlebih dahulu agar iklan dapat berjalan optimal.

Membuat Website Dan Terapkan SEO

Membuat Website Bisnis Usaha Kuliner
Membuat Website Bisnis Usaha Kuliner – sumber: www.unplash.com

Kalau budget anda terbatas untuk menjalan sebuah iklan (Ads), anda dapat menggunakan cara organic untuk meningkatkan Brand Awareness yaitu dengan membuat sebuah website cafe ataupun restoran dan menerapkan SEO (Search Engine Optimization).

Dalam website ini, anda dapat menambahkan halaman-halaman seperti menu makanan dan minuman, kontak, dan juga halaman tempat agar orang bisa mereview restoran anda.

Selain itu, anda juga dapat membuat blog pada website ini yang menyediakan edukasi serta tips dan trik mengenai suatu tema. Jangan lupa juga menyelipkan keyword-keyword tertentu agar halaman anda mudah ditemukan.

Blog-blog ini dapat anda jadikan sebagai pencari traffik dan meningkatkan brand awareness. Ini cara efektif bila anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk iklan.

Menggunakan Kemasan Makanan Dan Minuman Yang Menarik

Kemasan Makanan Dan Minumanan Yang Menarik
Kemasan Makanan Dan Minumanan Yang Menarik – sumber: www.unsplash.com

Kemasan produk dapat menarik perhatian pelanggan potensial. Maka dari itu, penting untuk anda memperhatikan penggunaan kemasan yang tepat.

Ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan dan minuman yang dijual langsung dalam kemasan. Akan tetapi, juga untuk pesanan bawa pulang (take away) di restoran.

Namun, dalam memilih kemasan produk ini, ada beberapa yang perlu anda perhatikan seperti kemasan yang ramah lingkungan dan juga aman untuk makanan atau minuman.

Melakukan Inovasi Pada Menu

Inovasi Menu Restoran Dan Cafe
Inovasi Menu Restoran Dan Cafe – sumber: www.unsplash.com

Inovasi sangat diperlukan untuk bisnis agar dapat bisa berkembang ataupun berjalan. Termasuk pada bisnis usaha kuliner.

Anda sebaiknya terus berkreasi untuk menciptakan menu yang inovatif untuk menarik perhatian pelanggan. Ini dapat dilakukan dengan melakukan riset tren-tren yang berkembang saat ini.

Dari riset tersebut, anda dapat menentukan mana ide yang cocok untuk diterapkan untuk restoran atau cafe anda seperti menambah varian rasa baru atau menyediakan menu yang belum ada sebelumnya.

Nah, itulah beberapa strategi marketing usaha kuliner yang bisa anda terapkan. Selain strategi pemasaran ini, ada baiknya untuk anda selalu ingat mengikuti tren-tren yang sedang berkembang.

Dari tren-tren yang tersebut, anda mungkin bisa mendapatkan ide untuk merancang strategi-strategi yang relevan. Semoga membantu!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis