Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

10 Cara Mengelola Cafe Dengan Baik Agar Terus Berkembang

Cara Mengelola Cafe Dengan Baik
Blog

10 Cara Mengelola Cafe Dengan Baik Agar Terus Berkembang

Bagimana cara mengelola cafe dengan baik? Pertanyaaan ini pastinya sering muncul di benak anda bila baru menjalani bisnis cafe.

Mengelola sebuah usaha cafe memang memiliki tantangannya tersendiri. Anda sebaiknya harus mempersiapkan perencanaan yang matang. Mulai dari hal-hal mencakup strategi yang tepat, manajemen yang efektif, hingga pemahaman bisnis yang mendalam.

Cara Mengelola Coffee Shop
Cara Mengelola Coffee Shop – sumber: www.unsplash.com

Dengan melakukan pengelolaan yang baik, akan dapat membawa lebih banyak pengunjung ke cafe anda nantinya. Hal tersebut juga akan membawa dampak ke peningkatan pendapatan dan kesuksesan cafe anda.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara mengelola usaha cafe ini, anda dapat lanjut membaca ke bawah.

Cara Mengelola Cafe Dengan Baik

Tentukan Visi Dan Misi Cafe Yang Jelas

Mentukan Visi Dan Misi Cafe
Mentukan Visi Dan Misi Cafe – sumber: www.unsplash.com

Dalam hal bisnis apapun, visi dan misi sangat wajib untuk dimiliki termasuk dalam bisnis coffee shop.

Pertama anda tentu harus menentukan visi dan misi yang jelas mengenai apa yang ingin anda capai dari cafe anda. Apakah cafe anda mau ditujukan untuk tempat hangout? menyediakan menu khusus? atau mungkin menawarkan pengalaman yang unik?

Visi dan misi bisa diibaratkan peta yang akan membimbing bisnis anda. Sehingga, akan memudahkan anda untuk membuat strategi pengelolaan cafe yang lebih terfokus.

Pahami Pasar Secara Mendalam

Cara Mengelola Kafe Dengan Baik
Cara Mengelola Kafe Dengan Baik – sumber: www.unsplash.com

Langkah selanjutnya, anda dapat melakukan riset secara menyeluruh mengenai pasar usaha cafe. Mulai dari preferensi pelanggan, tren makanan dan minuman yang berkembang, serta para pesaing yang bergerak di pasar yang sama.

Baca juga:  Pengertian Gueridon Service Serta Ciri-Ciri Dan Peralatannya

Pemahamaan pasar yang mendalam akan memudahkan anda untuk menyusun strategi bisnis akan cafe baik itu pengembangan menu ataupun hal-hal yang menyangkut pemasaran dan promosi nantinya.

Membangun Brand Yang Kuat

Membangun Brand Coffee Shop Yang Kuat
Membangun Brand Coffee Shop Yang Kuat – sumber: www.unsplash.com

Dalam bisnis cafe, jangan lupa juga untuk anda membangun brand (branding) yang kuat. Branding merupakan aspek penting agar cafe anda bisa lebih dikenal nantinya.

Untuk membangun brand yang kuat, anda memilih nama, logo, dan tema yang ingin diperlihatkan dari identitas cafe anda.

Selanjutnya, anda dapat memastikan brand ini terlihat di semua aspek cafe. Mulai dari interior, kemasan produk (cup minuman atau kotak makanan), media sosial, hingga website.

Pastikan penerapan branding ini dilakukan konsisten agar mudah diingat bagi para pelanggan.

Menyusun Menu Yang Tepat

Menyusun Menu Cafe Yang Tepat
Menyusun Menu Cafe Yang Tepat – sumber: www.unsplash.com

Menu dapat menjadi alat untuk menarik lebih banyak pelanggan. Sehingga, anda sebaiknya menyusunnya dengan tepat.

Dalam penyusunan menu ini, ada dua pilihan yang bisa anda lakukan yaitu menyediakan menu populer (sudah banyak beredar di pasaran) dan menyediakan menu yang spesial (unik).

Untuk menu yang sudah banyak beredar, tentu konsekuensinya bisnis cafe akan bersaing dengan lebih banyak kompetitor. Sehingga, anda sangat perlu menyediakan harga yang tepat dan kualitas yang baik agar dapat bersaing.

Sementara untuk menu spesial seperti vegan, anda perlu menyediakan peralatan khusus dan teknik pengolahan yang berbeda. Namun, sisi baiknya, anda akan bersaing dengan lebih sedikit kompetitor.

Selain 2 pilihan tersebut, anda juga dapat menyediakan menu khusus di musim-musim tertentu dengan promosi-promosi terbatas.

Memastikan Kualitas Produk Konsisten

Memastikan Kualitas Produk Konsisten
Memastikan Kualitas Produk Konsisten – sumber: www.unsplash.com

Kualitas makanan dan minuman yang baik dan konsisten akan dapat menjaga reputasi bisnis cafe anda serta membuat pelanngan lama tetap setia.

Untuk mengasilkan kualitas produk terbaik tentu tidak lepas dari bahan baku yang berkualitas. Maka, temukan supplier yang dapat memberikan anda bahan baku berkualitas namun tetap memiliki harga yang layak.

Baca juga:  Pengertian Buyer Persona Cafe Dan Langkah Membuatnya

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara penyimpanan hingga cara pengolahan bahan baku yang benar agar kualitas produk selalu optimal.

Menjaga Kualitas Pelayanan

Cara Mengelola Cafe Dengan Baik
Menjaga Kualitas Pelayanan Coffee Shop – sumber: www.unsplash.com

Dalam bisnis cafe, anda juga perlu memiliki staff kompeten khususnya yang akan memberikan pelayanan. Pelayanan yang ramah dan responsif akan membuat pengunjung cafe anda betah.

Maka dari itu, anda juga perlu memberikan pelatihan untuk para staff anda seperti bagaimana melakukan interaksi yang baik dan bagaimana mengatasi keluhan tamu dengan efektif.

Selain hal-hal tersebut, anda sebaiknya memperhatikan faktor-faktor kecil lain yang mungkin dapat berdampak ke kualitas pelayanan anda, misalnya:

  • Tata letak peralatan dan bahan baku, contoh: letak mesin kopi berjauhan dengan penyimpanan susu akan mempersulit barista.
  • Shift kerja yang panjang dan tidak tertatur, akan dapat berdampak ke kesehatan fisik dan mental staff anda.
  • Kasir yang masih menggunakan sistem pencatatan manual, akan membuat pelayanan menjadi lambat.

Manajemen Stok Yang Efisien

Manajemen Stok Yang Efisien
Manajemen Stok Yang Efisien – sumber: www.unsplash.com

Dalam menjalani bisnis cafe ini, anda juga melakukan pengelolaan manajemen stok yang efisien. Hal ini tujuannya untuk menghindari anda kehabisan stok serta pemborosan akibat membeli stok secara berlebihan.

Untuk pengelolaan stok dengan mudah, anda bisa menggunakan solusi aplikasi pos (point of sale) dari Orderbil.

Dalam aplikasi ini, tersedia fitur kontrol stok dan pembelian yang akan memudahkan anda di dalam memantau stok dan pembelian dalam usaha cafe anda.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai kemudahan untuk anda seperti pencatatan transaksi online atau offline, taking order, hingga pembukuan.

Lebih lengkapya, klik Coba Gratis.

Mempromosikan Cafe Dengan Tujuan Spesifik

Mempromosikan Cafe Dengan Tujuan Spesifik
Mempromosikan Cafe Dengan Tujuan Spesifik – sumber: www.pexels.com

Kegiatan promosi adalah langkah yang untuk dilakukan dalam pengelolaan cafe. Sehingga, anda perlu menyusun strategi promosi yang tepat.

Baca juga:  Tips Mengatur Pencahayaan Cafe Untuk Suasana Yang Nyaman

Sebelum itu, pastikan anda perlu menentukan tujuan promosi secara spesifik beberapa contoh kasusnya adalah sebagai berikut.

  • Untuk tujuan meningkatkan visibilitas atau brand awareness, dapat dilakukan dengan pembuatan konten menarik atau menjalankan iklan di media sosial.
  • Untuk tujuan menarik orang sudah mengetahui cafe anda namun belum pernah berkunjung, dapat dilakukan dengan memberikan diskon khusus untuk kunjungan pertama.
  • Untuk tujuan menarik pelanggan biar mau datang kembali, dapat dilakukan dengan penyediaan program loyalty seperti kartu member yang nantinya dapat berisi poin atau cashback.
  • Untuk tujuan menarik pelanggan agar mau membeli lebih banyak, dapat dilakukan dengan menyediakan paket bundle seperti paket makanan dan minuman atau paket beli 2 gratis 1.
  • Untuk tujuan membuat agar pelanggan mau membawa lebih banyak teman Ketika berkunjung, dapat dilakukan dengan menyediakan program referral, dimana seorang pelanggan akan mendapat reward ketika berhasil membawa teman mereka  ke cafe.

Menjaga Kebersihan dan Keamanan

Menjaga Kebersihan dan Keamanan Cafe
Menjaga Kebersihan dan Keamanan Cafe – sumber: www.unsplash.com

Ketika bisnis cafe anda sudah beroperasi dengan baik, selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan keamanan. Anda dapat menerapkan standar kebersihan untuk di bagian-bagian seperti dapur, tempat penyajian, hingga area-area umum lainnya.

Selain itu, anda juga perlu mematuhi pedoman keamanan pangan untuk mencegah terjadinya kontaminasi dalam makanan serta para pelanggan terhindari dari masalah Kesehatan.

Membangun Koneksi Dengan Bisnis Lokal

Membangun Koneksi Dengan Bisnis Lokal
Membangun Koneksi Dengan Bisnis Lokal – sumber: www.unsplash.com

Dalam bisnis cafe, anda juga perlu membangun koneksi dengan bisnis lokal yang relevan lainnya.

Untuk menemukan mereka, anda dapat mengikuti berbagai seminar atau menghadiri pertemuan antara pengusaha startup. Atau cara lainnya, anda dapat menyediakan program parthership dan mengumumkannya melalui website bisnis usaha cafe.

Selain itu, anda juga bisa melakukan kerjasama dengan penjual kue untuk menjualkan produk mereka di coffee shop anda. Lakukan diskusi dengan mereka mengenai bagaimana kerjasama tersebut bisa mendapatkan keuntungan.

Demikianlah artikel mengenai cara mengelola coffee shop dengan baik ini, pastikan anda juga selalu tetap melakukan inovasi dan adaptasi terhadap perubahan yang terus berkembang agar cafe anda selalu ramai pengunjung.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis