Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

12 Cara Meningkatkan Penjualan Cafe Yang Wajib Diterapkan

Cara Meningkatkan Penjualan Cafe
Blog

12 Cara Meningkatkan Penjualan Cafe Yang Wajib Diterapkan

Bisnis café dan restoran selalu menjadi bidang bisnis yang populer hingga saat ini. Mengingat bidang bisnis ini memiliki target market yang cukup luas, membuatnya selalu menjadi pilihan untuk orang yang baru memulai usaha.

Namun, ketatnya persaingan saat ini membuat banyak pelaku bisnis café dan restoran mengalami kesulitan untuk mempertahankan bisnis mereka. Sehingga, para pelaku bisnis perlu memiliki strategi yang kuat agar tetap bisa bersaing dan bertahan.

Bila mungkin anda juga sedang mengalami masalah di atas. Berikut ada beberapa cara meningkatkan penjualan cafe (coffee shop) atau restoran yang bisa diterapkan di bisnis anda.

Untuk selengkapnya, mari scroll ke bawah untuk membaca dengan detail.

Cara Meningkatkan Penjualan Cafe

Pahami Target Pasar Anda

Strategi Pemasaran Dan Penjualan Kopi
Strategi Penjualan Kopi Di Coffee Shop – Sumber: www.pexels.com

Dalam dunia bisnis, sudah menjadi hal wajib untuk anda memahami mengenai target pasar anda. Mulai dari siapa pelanggan potensial anda? Apa yang menjadi kebutuhan mereka? Hingga apa saja yang menjadi kebiasaan mereka?

Dengan memahami target pasar, anda akan dapat membuat strategi penjualan yang relevan dengan audiens. Mulai dari merancang menu yang tepat, menawarkan promosi yang baik, hingga memberikan pengalaman pelanggan yang lebih sesuai.

Tawarkan Pengalaman Yang Memuaskan

Pengalaman Cafe Yang Memuaskan
Suasana Cafe Yang Nyaman – Sumber: www.pexels.com

Pengalaman pelanggan akan menjadi poin yang penting untuk meningkatkan penjualan dalam kegiatan bisnis anda.

Pengalaman yang memuaskan akan menciptakan kesan yang baik di mata pelanggan anda. Sehingga, mereka merasa betah ketika berada di café anda serta mau datang kembali.

Baca juga:  Pengertian Table Manner Beserta Contoh-Contoh Aturannya

Untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan ini, hal yang anda dapat lakukan adalah dengan menyediakan suasana yang nyaman di café atau restoran anda. Misalnya: penataan ruangan yang efektif hingga penggunaan peralatan pendingin yang tepat.

Selain itu. Anda juga dapat memastikan tim pelayanan anda senantiasa bersikap ramah dan responsif kepada para pelanggan. Misalnya: mereka bisa menghandel dengan baik bila ada pelanggan yang komplin.

Lakukan Metode Pemasaran dan Promosi Yang Kreatif

Strategi Pemasaran Cafe Dan Restoran
Strategi Pemasaran Cafe Dan Restoran – sumber: www.pexels.com

Agar café atau restoran anda semakin dikenal, anda dapat melakukan pemasaran dan promosi yang kreatif dengan memanfaatkan keberadaan sosial media seperti Instagram dan Facebook.

Upaya yang paling sederhana misalnya, anda dapat menggunakan jasa influencer atau selegram untuk meningkatkan visibilitas bisnis anda.

Selain itu, anda dapat mempromosikan menu atau menyediakan diskon khusus untuk menarik pelanggan untuk datang berkunjung.

Tingkatkan Kualitas Makanan Dan Minuman

Peningkatan Kualitas Makanan Cafe
Peningkatan Kualitas Makanan Cafe – sumber: www.pexels.com

Untuk menjaga loyalitas dari para pelanggan, wajib juga untuk anda selalu menjaga dan meningkakan kualitas produk makanan dan minuman yang disediakan.

Agar kualitas produk makanan dan minuman tetap terjaga, selalu pastikan bahan baku yang digunakan berkualitas tinggi dan pastikan tim produksi anda selalu mengikuti standar dan prosedur yang ada.

Sementara itu, anda juga dapat melakukan inovasi dengan menawarkan varian menu yang up to date. Sediakanlah menu berdasarkan selera kebutuhan pelanggan atau menyesuaikan dengan tren yang ada.

Terapkan Strategi Harga Yang Tepat

Strategi Penetapan Harga di Coffee Shop
Strategi Penetapan Harga di Coffee Shop – sumber:www.unsplash.com

Strategi harga yang tepat akan dapat menarik lebih banyak pelanggan untuk bisnis anda serta dapat menghindari dari kerugian.

Harga yang tepat bermaksud harga yang sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan.

Untuk mengetahui suatu harga tepat atau tidak, langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan riset dan analisis harga dari para kompetitor.

Baca juga:  Melihat Peluang Usaha Food Truck Hingga Ide Konsep Menunya

Selain itu, anda dapat mempertimbangkan strategi penetapan harga dinamis seperti menawarkan promo khusus sewaktu-waktu untuk menarik pelanggan serta mengoptimalkan pendapatan.

Melayani Pemesanan Online dan Delivery

Layanan Delivery di Cafe dan Restoran
Layanan Delivery di Cafe dan Restoran – sumber: www.pexels.com

Menjalani bisnis di bidang kuliner di era ini tentu anda tidak seharusnya hanya berfokus pada pelayanan di tempat saja, akan tetapi juga pelayanan melalui online.

Layanan online memungkinkan bisnis anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas hingga luar wilayah dari toko fisik anda.

Anda bisa menyediakan tim delivery sendiri atau juga dapat bermitra dengan layanan pesan antar makanan seperti GoFood atau ShopeeFood.

Di samping itu, pastikan juga agar proses pemesanan dan pengantaran makanan atau minuman selalu berjalan lancar untuk menjaga pengalaman positif dengan pelanggan.

Adakan Acara Khusus dan Kolaborasi Komunitas

Kolaborasi Komunitas Lokal Bagi Usaha Cafe
Kolaborasi Komunitas Lokal Bagi Usaha Cafe – sumber: www.unsplash.com

Mengadakan acara bersifat tematik atau khusus sewaktu-waktu akan dapat menarik pelanggan baru serta mempertahankan pelanggan setia anda.

Selain itu, anda dapat menjalin kerjasama dengan para komunitas lokal seperti: komunitas amal atau komunitas peduli lingkungan. Hal ini dapat membangun reputasi yang baik bagi bisnis anda serta memperluas jaringan pelanggan anda.

Jaga Konsistensi dan Dengarkan Feedback Pelanggan

Feedback Dari Pelanggan Cafe
Feedback Dari Pelanggan Cafe – sumber: www.pexels.com

Mempunyai banyak pelanggan yang sudah loyal bukan berarti bisnis anda akan selalu tetap aman. Sewaktu-waktu bisa saja loyalitas pelanggan ini menurun bila anda tidak menjaga konsistensi bisnis anda.

Konsistensi bisnis yang dikatakan disini mencakup kualitas makanan, pelayanan, hingga suasana di café atau restoran anda. Pastikan semua itu selalu terjaga dan sesuai standar yang telah ditetapkan.

Di samping itu, pastikan juga anda selalu mendengarkan feedback (Umpan balik) dari pelanggan, misalnya bagian apa yang harus diperbaiki.  Hal ini akan memberikan peluang untuk memperkuat kualitas bisnis anda.

Selalu Lakukan Analisis Dan Penyesuaian

Analisis Dan Penyesuaian Strategi Untuk Usaha Cafe
Analisis Dan Penyesuaian Strategi Untuk Usaha Cafe – sumber: www.pexels.com

Lakukan analisis dan penyesuaian secara terus-menerus pada bisnis anda. Analisis yang dimaksud adalah seperti analisis data penjualan serta identifikasi tren dan perilaku pelanggan yang sedang berkembang.

Baca juga:  Perizinan Usaha Restoran Dan 5 Dokumen Yang Perlu Dipersiapkan

Dengan melakukan hal-hal tersebut, tentu akan membuat anda lebih mudah di dalam melakukan penyesuaian strategi di masa yang akan datang.

Selalu Tetap Berinovasi dan Pengembangan Berkelanjutan

Inovasi Makanan dan Minuman
Inovasi Makanan dan Minuman – sumber: www.unsplash.com

Ketika merasa bisnis anda sudah berada di puncak, selalu wajib untuk anda melakukan inovasi karena hal ini penting untuk menjaga daya tarik dari bisnis anda.

Inovasi-inovasi yang dapat anda lakukan diantaranya seperti mengembangkan menu, layanan-layanan, hingga pengalaman yang lebih memuaskan bagi para pelanggan.

Untuk menemukan ide-ide dalam berinovasi, anda bisa melakukan cara nomor 9 di atas yaitu selalu melakukan analisis dan penyesuaian dengan tren-tren yang berkembang.

Gunakan Teknologi Pendukung Untuk Mengoptimalkan Penjualan cafe

Penggunaan Program Pos Kasir di Cafe
Penggunaan Program Pos Kasir di Cafe – sumber: www.unsplash.com

Untuk mengoptimalkan penjualan, anda juga dapat menggunakan teknologi pendukung untuk operasional bisnis café atau restoran anda seperti program aplikasi POS (point of sales).

Aplikasi POS akan membawa banyak kemudahan pada bisnis anda. Mulai dari membuat pesanan hingga proses transaksi yang lebih praktis dan efisien.

Selain itu, beberapa layanan POS saat ini juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti pengelolaan persediaaan stok hingga laporan keuangan (pembukuan) yang akurat.

Dengan berbagai fitur tersebut, berbagai kegiatan bisnis di café atau restoran anda akan menjadi lebih efisien dan meminimalisir terjadinya human error khususnya ketika melakukan kegiatan repetitif seperti pencatatan.

Batasi Pengunjung Yang Nongkrong Lama Pesan Sedikit

Pengunjung di Coffee Shop
Pengunjung di Coffee Shop – sumber: www.unsplash.com

Ketika menjalani usaha bisnis cafe, mungkin anda akan menemukan beberapa pengunjung yang datang nongkrongnya lama tetapi hanya memesan makanan-minuman sedikit, bahkan tidak sama sekali.

Biasanya mereka datang untuk sekedar dapat menikmati wifi-gratis.

Dalam hal ini, anda harus bijak mengatasi jenis pelanggan ini karena dapat membatasi atau menghambat penjualan pada cafe anda.

Ketika tempat duduk di cafe anda penuh dan diramaikan oleh jenis pengunjung ini. Maka, pengunjung lain tentunya tidak bisa duduk dan akan mengurungkan niatnya untuk masuk ke cafe anda.

Hal tersebut tentunya dapat menghambat penjualan cafe anda. Sehingga, perlu dilakukan tindakan yang tepat untuk jenis pengunjung ini.

Salah satu cara mengatasi jenis pengunjung ini adalah dengan mengclear-up piring di meja mereka dan anda dapat mendekati mereka sambil menanyakan apakah akan memesan lagi.

Demikianlah pembahasan tentang cara meningkatkan penjualan cafe ini. Semoga dapat bermanfaat untuk bisnis cafe anda.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis