Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

10 Jenis Bar Lengkap Dengan Segmentasi Pelanggannya

Jenis Jenis Bar
Blog

10 Jenis Bar Lengkap Dengan Segmentasi Pelanggannya

Punya rencana membuka bisnis bar? Mungkin pembahasan jenis jenis bar ini dapat membantu anda di dalam menemukan salah satu inspirasi yang tepat.

Bar merupakan pilihan alternatif untuk bisnis food & beverage selain usaha restoran dan cafe. Bar terdiri dari beberapa macam dan membawa keunikan masing-masing.

Berikut merupakan pembahasan lengkap mengenai jenis jenis bar ini.

Jenis Jenis Bar Serta Segmentasi Pelanggannya

American Bar

American Bar
Ilustrasi American Bar – sumber: www.unsplash.com

Jenis bar ini menyajikan berbagai jenis minuman keras seperti bir, dan cocktail serta suasana yang santai dan nyaman.

Umumnya memiliki Cocktail Lounge yang luas dengan dekorasi yang eksklusif dan mewah serta dilayani oleh bartender yang terampil.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan dari bar ini biasanya dari para kalangan atas, pekerja kantoran, dan turis. Mereka pergi ke bar untuk mencari tempat untuk bersantai setelah hari yang melelahkan.

Cocktail Bar

Cocktail Bar
Ilustrasi Cocktail Bar – sumber: www.unsplash.com

Bar ini mengkhususkan diri di dalam pembuatan berbagai kreasi cocktail yang unik. Suasana bar umumnya didesain dengan interior yang elegan dan menarik.

Menyediakan daftar menu minuman yang luas serta dilayani oleh bartenderterampil yang siap menciptakan minuman sesuai pesanan.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan yang mengunjungi biasanya mencari minuman berkualitas dan suasana yang lebih mewah, seperti pasangan muda dan profesional muda.

Tiki Bar

Tiki Bar
Ilustrasi Tiki Bar – sumber: www.unsplash.com

Bar ini mirip dengan cocktail bar, akan tetapi konsep yang ditawarkan lebih ke tropis. Terinpirasi budaya Tiki dari Hawai.

Mereka biasanya menawarkan menu cocktail yang beraroma tropis seperi Mai Tai dan Pina Colada.

Dekorasi bar didesain eksotis dengan tampilan yang lebih berwarna dan menyenangkan, seringkali dengan hiasan hutan tropis dan tiki torches.

Baca juga:  8 Cara Menyimpan Kopi Yang Baik Agar Tetap Terjaga

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan yang mengunjungi biasanya adalah kelompok anak yang mencari minuman beralkohol dengan suasana musik tropis.

Aperitif Bar

Aperitif Bar
Ilustrasi Aperitif Bar – sumber: www.unsplash.com

Bar ini secara khusus menyediakan menyajikan jenis minuman aperitif yaitu minuman yang merangsang selera lapar dan biasanya disajikan sebelum jam makan malam.

Di bar ini, umumya tersedia berbagai macam aperitif seperti: Vermouth, Campari, Aperol, Sherry, Martini, dan berbagai minuman anggur.

Selain itu, musik yang lembut dan suasana yang tenang biasanya mendukung pengalaman yang nyaman di bar ini.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan yang datang ke sini biasanya adalah pecinta kuliner yang mencari pengalaman makan yang lengkap.

Selain itu, tak jarang juga, mereka datang hanya mencari tempat untuk menikmati minuman ringan sambal ngobrol bersama teman-teman.

Snack Bar

Snack Bar
Ilustrasi Snack Bar – sumber: www.unsplash.com

Bar ini secara khusus menyajikan berbagai menu makanan ringan dan minuman namun dalam jumlah terbatas.

Jenis menu makanan ringan yang disediakan di sini mulai dari French Fries hingga jenis camilan lainnya. Sehingga, cocok juga sebagai tempat ngobrol santai.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan yang mengunjungi biasanya mencari camilan cepat dan minuman ringan, seperti remaja dan keluarga.

Sunken Bar

Sunken Bar
Ilustrasi Sunken Bar – sumber: www.unsplash.com

Bar ini menawarkan konsep yang berbeda dimana ruangannya terbuka dan biasanya menyatu dengan kolam renang (swimming pool)

Di sini, pelanggan dapat memesan dan menikmati minuman mereka di area kolam renang. Jenis minuman yang dijual biasanya seperti beer, soft drink, dan jenis minuman alkohol lainnya.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan yang mengunjungi biasanya mencari pengalaman yang lebih privat dan eksklusif, seperti: grup teman.

Night Club

Night Club
Ilustrasi Night Club – sumber: www.unsplash.com

Bar ini berfokus pada hiburan malam seperti musik DJ, tarian, dan suasana pesta. Umumnya memiliki lantai dansa yang luas, pencahayaan yang cerah, dan musik yang keras.

Baca juga:  5 Perbedaan Supplier dan Distributor Dalam Bisnis F&B

Mereka biasanya buka pada malam hari hingga larut malam menawarkan hiburan dan minuman dalam suasana yang energik dan hidup.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan yang mengunjungi biasanya mencari hiburan malam dan suasana pesta, seperti penggemar Electric Dance Music (EDM).

Espresso Bar

Espresso Bar
Ilustrasi Espresso Bar – sumber: www.unsplash.com

Bar ini dikhususkan untuk para pencinta kopi. Menyajikan berbagai minuman kopi mulai dari Espresso hingga latte.

Selain itu, mereka juga biasanya menawarkan kue-kue dan makanan ringan untuk peneman kopi. Suasananya tenang dan santai sehingga sering dijadikan tempat bekerja.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan yang mengunjungi biasanya adalah pecinta kopi yang mencari kopi berkualitas tinggi dan mereka yang mencari suasana tempat yang tenang, seperti mahasiswa dan freelancer.

Cafe Bar

Cafe Bar
Ilustrasi Cafe Bar – sumber: www.unsplash.com

Bar ini merupakan perpanduan dari konsep cafe dan bar dan menyediakan berbagai jenis minuman. Mulai dari kopi, teh, dan minuman keras.

Pada siang hari, mereka menawarkan menu kopi, teh, dan minuman panas lainnya. Sementara pada malamnya, mereka menyediakan jenis minuman beralkohol.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan bar ini biasanya adalah mereka yang mencari variasi minuman dan suasana yang santai, seperti pekerja lepas dan grup teman,

Piano Bar

Piano Bar
Ilustrasi Piano Bar – sumber: www.unsplash.com

Bar ini menyediakan tempat untuk menikmati minuman sambal menyaksikan penampilan musik dari seorang Pianist secara langsung.

Mereka menawarkan suasana yang tenang dan menghibur dengan kehadiran live musik piano. Sementara untuk minuman, terdapat berbagai jenis cocktail.

Segmentasi Pelanggan:

Pelanggan yang mengunjungi biasanya mencari suasana yang tenang dan musik live, seperti penggemar musik klasik dan pasangan.

Dengan mengenal macam-macam bar ini, anda akan dapat lebih mudah di dalam menentukan jenis bar yang tepat untuk bisnis serta membantu anda memberikan pelayanan yang sesuai kepada pelanggan.

Baca juga:  15 Masakan Khas Thailand Yang Cocok Untuk Ide Menu Restoran

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis