Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Macam Macam Manual Brew Kopi Serta Cara Penyeduhannya

Macam Macam Manual Brew
Blog

Macam Macam Manual Brew Kopi Serta Cara Penyeduhannya

Manual Brew adalah teknik menyeduh kopi yang dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin espresso. Saat ini, terdapat banyak macam macam manual brew, mulai dari Aeropress hingga Turkish.

Dalam teknik penyeduhan kopi manual brew, biasanya menggunakan rasio antara kopi dengan air sebesar 1:15. Ini berbeda dengan espresso yang menggunakan rasio 1:2.

Hal itu membuat mengapa cita rasa manual brew lebih ringan dibandingkan espresso. Sehingga, dipertimbangkan cocok untuk calon pelanggan yang tidak menyukai kopi rasa kopi terlalu pahit.

Macam Macam Manual Brew

Berikut adalah beberapa teknik menyeduh kopi manual brew yang populer dari berbagai tempat di dunia.

AeroPress

AeroPress
Ilustrasi AeroPress – Sumber: www.unsplash.com

Teknik ini ditemukan pada tahun 2005. Alatnya terbilang sederhana, menggunakan dua tabung yang disatukan. Alat ini sering dibawa oleh para traveler untuk membuat kopi saat berpergian.

Cara Penyeduhan:

Dalam penyeduhannya, menggunakan tekanan udara untuk mengesktraksi kopi. Dimana barista biasanya menekan kopi yang diberi air panas, sehingga dapat tersaring ke dalam cangkir.

Chemex

Chemex
Ilustrasi Chemex – Sumber: www.unsplash.com

Chemex ini merupakan alat manual brewing dengan bentuk seperti jam pasir. Rasio yang digunakan biasanya 1:14 atau 1 gram kopi dan 14 ml air.

Cara Penyeduhan:

Bubuk kopi akan dituangkan di atas chemex yang sudah diberi filter. Lalu, air dituangkan dengan melingkar dan tunggu 30 detik hingga kopi terlihat mengembang.

Ulangi penuangan beberapa kali hingga tercapai takaran yang sesuai. Selanjutnya, filter yang berisi ampas dapat dibuang dan kopi dapat diaduk sebelum disajikan.

Cold Brew

Cold Brew
Ilustrasi Cold Brew – Sumber: www.unsplash.com

Cold Brew ini merupakan teknik merendam kopi ke dalam air dingin dalam waktu yang lama. Hasil kopi biasanya digunakan untuk bahan minuman es kopi.

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Crowdfunding Dan Manfaatnya Terhadap Usaha

Cara Penyeduhan:

Bubuk kopi yang sudah digiling akan direndam dalam waktu kurang lebih 12 jam dengan alat khusus.

Teknik ini akan mengurangi tingkat keasaman kopi dan menciptakan rasa yang unik.

French Press

French Press
Ilustrasi French Press – Sumber: www.unsplash.com

Metode French Press ini juga dikenal sebagai coffee press, dimana penyajiannnya menggunakan alat khusus. Bentuknya mirip seperti gelas besar dengan alat penekan di bagian tutupnya.

Cara Penyeduhan:

Kopi akan didiamkan sebentar selama kurang lebih 4 menit dengan takaran 60 gr dan 1 liter air.

Selanjutnya, alat dibagian penutup gelas akan ditekan secara perlahan-lahan hingga ampas kopi tertekan ke dasar dan kopi dapat dituangkan ke dalam cangkir.

Syphon

Syphon
Ilustrasi Syphon – Sumber: www.unsplash.com

Syphon atau Vacuum Pot merupakan teknik menyeduh kopi yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Penyeduhan menggunakan alat khusus yang berbentuk seperti 2 tabung khusus yang terdiri dari bagian atas dan bawah serta terdapat rumah spiritus di bagian bawah tabung.

Cara Penyeduhan:

Pertama, air akan dimasak hingga mendidih. Lalu, air akan naik ke bagian tabung atas, tempat meletakan kopi. Selanjutnya, rumah spiritus dapat disingkirkan dan kopi akan meluncur ke tabung bawah.

Terakhir kopi dapat dituangkan ke dalam cangkir untuk dinikmati.

Tubruk

Tubruk
Ilustrasi Kopi Tubruk – Sumber: www.unsplash.com

Tubruk merupakan teknik menyeduh kopi tradisional dari Indonesia. Teknik ini terbilang sederhana dan terbilang cepat.

Cara Penyeduhan:

Bubuk kopi akan dituangkan ke dalam cangkir, lalu diseduh dengan air panas dan diaduk. Terakhir, tunggu hingga bubuk kopi mengendap ke bawah.

Sementara untuk ampas kopi, dapat dihilangkan dengan menggunakan sendok kecil.

Turkish

Turkish
Ilustrasi Turkish – Sumber: www.unsplash.com

Turkish ini juga dikenal dengan kopi ibrik, dimana penyeduhan kopi menggunakan alat Cezve (pot berupa tembaga) dan memasaknya dengan pasir sebagai penghantar panas.

Cara Penyeduhan:

Baca juga:  8 Cara Menyimpan Kopi Yang Baik Agar Tetap Terjaga

Pertama-tama, bubuk kopi akan dimasukan ke Cezve dan ditambahkan air dan gula. Lalu, alat Cezve akan digoyang-goyangkan di atas pasir panas sampai kopi mendidih.

V60

V60
Ilustrasi V60 – Sumber: www.unsplash.com

Teknik V60 atau pour over ini juga biasa disebut Drip V60. Dalam penyeduhannya, menggunakan alat berupa corong gelas berbentuk seperti V dengan kemiringan 60 derajat.

Penyeduhannya akan membutuhkan waktu sekitar 1 menit 30 detik hingga 2 menit 15 detik.

Cara Penyeduhan:

Pertama-tama, corong V60 dengan lapisan filter akan diletakan di atas gelas. Lalu, kopi akan diletakan di atas filter dan dituangkan air panas dengan suhu sekitar 85-92 derajat celcius.

Penuangan air ini dilakukan dari kettle dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan. Ini dilakukan agar rasa kopi teraduk sempurna.

Vietnam Drip

Vietnam Drip
Ilustrasi Vietnam Drip – Sumber: www.unsplash.com

Vietnam Drip ini merupakan teknik menyeduh kopi dengan alat berbentuk corong yang diletakan di atas gelas. Ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Penyeduhan:

Bubuk kopi akan diletakan di atas corong dan dituangkan air panas dari atas. Selanjutnya, tunggu kopi sampai selesai menetes ke bawah gelas sebelum disajikan.

Itulah beberapa macam teknik manual brew. Mungkin beberapa dari teknik ini dapat menjadi ide yang bisa diterapkan di bisnis coffee shop anda.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis