Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

10 Jenis Minuman Kopi Yang Umum Tersedia Di Coffee Shop

Jenis-Jenis Minuman Kopi
Blog

10 Jenis Minuman Kopi Yang Umum Tersedia Di Coffee Shop

Bingung menentukan menu minuman untuk coffee shop? Mungkin beberapa jenis jenis minuman kopi berikut bisa menjadi inspirasi untuk anda.

Coffee shop tentu tidak bisa dilepaskan dengan hal-hal berbahan kopi. Menyediakan menu kopi yang tepat dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Jenis Jenis Minuman Kopi

Berikut adalah beberapa jenis-jenis kopi yang umumnya tersedia di menu coffee shop.

Espresso

Espresso
Ilustrasi Espresso – Sumber: www.pexels.com

Espresso merupakan jenis minuman kopi klasik dan murni. Bisa dikatakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai jenis minuman kopi seperti Cappuccino dan Latte.

Minuman kopi ini dibuat dari biji kopi yang digiling halus dan diekstrak dengan air panas dibawah tekanan tinggi pada mesin espresso, kemudian disajikan pada Shot Glass.

Mempunyai rasa yang kuat dan tekstur crema yang lembut. Untuk di coffee shop, minuman ini umumnya disediakan dengan ukuran one shot atau double shot.

Konsumen Potensial:

Minuman ini cocok untuk pecinta kopi yang menginginkan cita rasa kopi murni yang kuat dan pekat.

Pilihan yang tepat untuk mereka yang menginginkan kopi dengan proses pembuatan yang cepat dan kandungan kafein yang tinggi.

Americano

Americano
Ilustrasi Americano – Sumber: www.pexels.com

Americano merupakan jenis minuman kopi yang paling sederhana, tetapi tak kalah menarik. Minuman ini dibuat dengan mencampurkan espresso dengan tambahan air panas.

Jenis minuman ini memiliki rasa yang kuat, meskipun kurang kental daripada espresso murni. Teksturnya juga lebih ringan karena tambahan air panas.

Konsumen Potensial:

Americano cocok untuk dipilih oleh mereka yang menginginkan rasa kopi yang lebih ringan tanpa banyak bahan tambahan.

Latte

Latte Dengan Tulip Art
Ilustrasi Latte Dengan Tulip Art – Sumber: www.pexels.com

Jenis minuman kopi ini cukup populer di kalangan pengunjung coffee shop. Dibuat dari bahan dasar espresso dan foam milk (Susu disteam untuk menghasilkan busa lembut).

Baca juga:  5 Jenis Jenis Gelato Yang Cocok Dijadikan Untuk Menu Dessert

Selain itu, pada bagian permukannya biasanya ditambahkan sentuhan Latte Art. Ini biasanya menampilkan gambar pola Rose, Rosetta, dan Tulip.

Menawarkan rasa yang lebih milky dengan tekstur yang lembut.

Konsumen Potensial:

Latte adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan rasa kopi dengan kelembutan susu dan sentuhan yang estetik.

Cappuccino

Cappuccino
Ilustrasi Cappuccino – Sumber: www.pexels.com

Cappuccino terbuat dari gabungan espresso, susu panas, dan busa susu dalam takaran rasio yang sama. Ini memiliki rasa yang kuat dengan lapisan busa yang lembut di atasnya.

Tekstur lembut namun memiliki busa susu yang lebih tebal di bagian atasnya. Selain itu, juga biasanya ditambahkan topping seperti taburan coklat dan kayu manis.

Konsumen Potensial:

Cocok untuk mereka yang mencari rasa kopi yang tidak terlalu pekat dan pahit.

Macchiato

Macchiato
Ilustrasi Macchiato – Sumber: www.pexels.com

Macchiato adalah minuman sederhana yang terdiri dari espresso dan sejumlah kecil busa susu. Kata “Macchiato” sendiri berarti “noda” atau “tanda” dalam bahasa Italia, yang merujuk pada penodaan minuman dengan sedikit susu.

Terbuat dari bahan espresso dengan sejumlah kecil busa susu ditempatkan di atas espresso.

Konsumen Potensial:

Cocok untuk mereka yang ingin minuman kopi dengan susu tetapi memiliki rasa yang lebih kuat daripada Latte atau Cappuccino.

Mocha

Mocha
Ilustrasi Mocha – Sumber: www.pexels.com

Mocha adalah minuman yang menggabungkan cita rasa kopi dan cokelat. Ini terbuat dari dasar espresso, steamed milk, dan coklat.

Dengan adanya penambahan coklat, membuat Mocha berbeda dengan jenis minuman kopi lainnya. Menawarkan rasa kopi yang aroma coklat yang manis.

Konsumen Potensial:

Pilihan yang tepat bagi bagi pencinta cokelat yang ingin merasakan minuman yang manis dan cokelat dengan sentuhan kopi.

Cafe au Lait

Cafe au Lait
Ilustrasi Cafe au Lait – Sumber: www.pexels.com

Dalam Bahasa Prancis, Cafe au Lait dapat diartikan sebagai kopi susu. Minuman yang terbuat dari kopi dan susu panas. Ini mirip dengan Latte, tetapi tanpa busa susu.

Baca juga:  Menu Tempura, Hidangan Pembuka Yang Lezat Khas Jepang

Jenis minuman ini termasuk sangat sederhana dan mudah untuk dibuat.

Konsumen Potensial:

Cafe au Lait adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang menyukai minuman kopi sederhana dengan rasa yang ringan dengan sentuhan susu.

Flat White

Flat White
Ilustrasi Flat White – Sumber: www.pexels.com

Flat White adalah minuman kopi yang berasal dari Australia dan Selandia Baru. Terbuat dari espresso dan microfoam milk, dengan perbandingan espresso lebih besar daripada Latte atau Cappuccino.

Konsumen Potensial:

Flat White juga merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang mencari minuman yang kaya rasa kopi dengan susu yang lembut.

Cold Brew

Cold Brew
Ilustrasi Cold Brew – Sumber: www.pexels.com

Cold Brew adalah minuman kopi dingin yang populer terutama saat musim panas. Ini dibuat dengan merendam kopi giling dalam air dingin selama satu hari atau lebih.

Setelah perendaman ini tentu akan dilakukan penyaringan, untuk mendapatkan minuman kopi yang bersih.

Memiliki rasa yang ringan dan segar, dengan tingkat keasaman yang lebih rendah daripada kopi panas. Biasanya disajikan dalam porsi gelas yang lebih kecil.

Konsumen Potensial:

Cold Brew menjadi pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin menikmati kopi tanpa rasa panas. Selain itu, cocok disediakan pada cuaca panas dengan tambahan es.

Affogato

Affogato
Ilustrasi Affogato – Sumber: www.unsplash.com

Affogato adalah minuman yang menggabungkan es krim dengan espresso. Ini sering dimasukan dalam menu pencuci mulut (dessert).

Menawarkan kombinasi rasa yang unik antara perpaduan kehangatan espresso dengan kelembutan es krim.

Konsumen Potensial:

Ini adalah pilihan sempurna bagi mereka yang menginginkan menu pencuci mulut dengan tambahan cita rasa kopi.

Demikian pembahasan jenis-jenis minuman kopi ini. Mungkin beberapa dari list di atas dapat anda jadikan inpirasi untuk menu di cafe atau coffee shop anda.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis