Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Menjelajahi 4 Ragam Jenis Breakfast Serta Contoh Menunya

Jenis-Jenis Breakfast Di Restoran
Blog

Menjelajahi 4 Ragam Jenis Breakfast Serta Contoh Menunya

Sudah kenal dengan jenis jenis breakfast di restoran? Berikut kita akan bahas beberapa ragam breakfast mulai dari American Breakfast, Continental Breakfast, English Breakfast, dan Indonesian Breakfast.

Breakfast atau sarapan pagi umumnya disediakan dari pukul 07.00 am sampai dengan 09:30 di suatu restoran. Menu breakfast biasanya berbahan sederhana dan ringan seperti susu atau roti sebagai penambah energi untuk menjalankan hari.

Jenis Jenis Breakfast Dan Pengertiannya

American Breakfast (Sarapan Ala Amerika)

American Breakfast
Ilustrasi American Breakfast – Sumber: www.unsplash.com

Dari penamaannya sudah bisa diketahui bahwa American Breakfast merupakan jenis sarapan yang berasal dari benua Amerika. Saat ini, konsep sarapan ini sudah populer dan diadopsi di berbagai negara.

American Breakfast terdiri dari berbagai pilihan buah segar atau jus buah. Untuk menu roti dan pastrynya, biasanya terdiri dari toast, waffle, pancake, croissant, muffin, donat, atau brioche.

Sarapan ini juga disajikan dengan coklat, mentega, selai stroberi atau marmalade. Ada juga pilihan sereal, hidangan dengan salmon dan krim keju di atas bagel, beragam olahan telur, ham, kentang, dan bacon.

Sebagai penutup, diakhiri dengan jenis menu hot beverage (minuman hangat) seperti susu, hot chocolate, kopi, serta berbagai pilihan teh.

Continental Breakfast (Sarapan Ala Kontinental)

Continental Breakfast
Ilustrasi Continental Breakfast – Sumber: www.unsplash.com

Istilah “Continental” merujuk pada wilayah daratan atau benua Eropa. Dilihat dari sejarahnya, Continental Breakfast sudah dikenal sejak tahun 1896.

Selain di Eropa, konsep sarapan dengan menu serupa juga telah dikenal di Amerika karena banyak orang Eropa yang berimigrasi dan membawa tradisi ini bersama mereka.

Baca juga:  4 Macam-Macam Cutleries Yang Sering Digunakan Di Restoran

Dalam menu continental breakfast, biasanya terdiri dari pilihan buah segar atau jus buah, serta yogurt. Menu yang lebih berat mencakup berbagai jenis roti seperti French toast, Croissant, Brioche, Sereal, atau Cold Cut.

Selain itu, juga dilengkapi dengan berbagai macam selai, cokelat, keju, mentega, atau marmalade. Untuk minumannya, biasanya terdiri dari jenis minuman panas seperti teh, susu, kopi, atau hot chocolate.

English Breakfast (Sarapan Ala Inggris)

English Breakfast
Ilustrasi English Breakfast – Sumber: www.unsplash.com

Seperti namanya, English Breakfast ini mengambil konsep sarapan pagi bergaya tradisional ala Inggris. Yang mana itu menawarkan konsep yang mewah dan menyajikan menu yang lengkap.

Jenis breakfast ini telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Pada awalnya, konsep sarapan ini merupakan kebiasaan dari para bangsawan, Seiring berjalannya waktu, konsep ini semakin populer dan tersebar di negara-negara lain di luar Inggris.

Menu English Breakfast meliputi pilihan buah segar dan jus buah. Kemudian disusul dengan makanan berat seperti roti atau pastry, sereal, yogurt, oatmeal, dan porridge. Menu ini juga dilengkapi dengan coklat, selai buah, marmalade, dan mentega.

Sementara untuk proteinnya, biasanya disediakan pilihan ikan asin (smoked herring), telur yang diolah dengan toast, baked bread, sausage, ham, grill tomato, bacon, dan cold meal.

Setelah itu, biasanya dilanjutkan dengan jenis hot beverage sebagai penutup seperti kopi teh, susu, atau the hangat.

Indonesian Breakfast (Sarapan Ala Indonesia)

Indonesian Breakfast
Ilustrasi Indonesian Breakfast – Sumber: www.pexels.com

Berbeda dengan lainnya, Indonesian Breakfast ini tergolong lengkap dan cukup berat. Contoh menunya yaitu Bubur Ayam, Nasi Goreng, Nasi Kuning, dan Nasi Uduk.

Bubur ayam menjadi salah satu menu populer dalam sarapan ala Indonesia. Terbuat dari beras yang dimasak dengan air dan ditambah irisan daging ayam dengan bumbu tradisional.

Baca juga:  Arti Dynamic Pricing Dan Penerapannya Dalam Bisnis Kuliner

Nasi goreng terbuat dari nasi yang diolah kembali dengan bumbu dan ditambahkah topping seperti telur, bakso, dan seafood.

Nasi kuning ini dibuat dari beras yang dimasak dengan kunyit dan santan serta dilengkapi dengan toping seperti tempe, tahu, ayam goreng, dan irisan telur dadar.

Sementara Nasi Uduk, dibuat dari beras yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti pala, serai, merica, dan lain sebagainya. Biasanya disajikan dengan telur balado, kacang, mie, dan kerupuk.

Nah, itulah macam-macam breakfast yang umumnya diadopsi di restoran-restoran. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis