Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

23 Macam Bar Hand Tools Serta Lengkap Dengan Fungsinya

Bar Hand Tools
Blog

23 Macam Bar Hand Tools Serta Lengkap Dengan Fungsinya

Adanya bar hand tools yang lengkap tentu akan memudahkan bartender di dalam meracik minuman. Maka dari itu, penyediaan alat ini sangat penting untuk diperhatikan bagi pemilik bar.

Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam peralatan bar ini? Berikut adalah pembahasannya lengkap mengenai Bar Hand Tools ini serta lengkap dengan fungsi peggunaannya.

Bar Hand Tools Serta Fungsinya

Bartender Menuangkan Minuman Dari Shaker
Bartender Menuangkan Minuman Dari Shaker – Bar Hand Tools

Shaker Set

Shaker ini terdiri dari dua bagian, yaitu shaker tin dan mixing glass. Digunakan untuk mencampur berbagai bahan minuman. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai penakar minuman.

Long Bar Spoon

Sendok bar yang memiliki bentuk panjang dan ramping dengan ujung berbentuk spiral. Digunakan untuk mengaduk minuman dalam gelas berisi es, seperti cocktail dan minuman berlapis (layer).

Cocktail Strainer

Alat ini digunakan untuk menyaring minuman yang telah dicampur dalam shaker atau mixing glass ke dalam gelas. Fungsi utamanya tentu untuk memisahkan es atau potongan buah dari minuman.

Electric Blender

Blender yang berfungsi untuk mencampur minuman beku seperti margarita, daiquiri, atau smoothie. Ini untuk memastikan bahwa semua bahan tercampur dengan baik dan menghasilkan rasa yang konsisten.

Muddler Bar

Alat ini digunakan untuk menghaluskan atau mengekstrak dedaunan atau buah seperti daun mint dan citrus. Memiliki bentuk ujung yang bulat tumpul atau bergigi untuk mengekstraksi bahan dengan baik.

Baca juga:  Mengenal Buffet Service Di Restoran Dan Jenis-Jenisnya

Corkscrew

Alat ini digunakan untuk membuka botol minuman anggur atau wine yang memiliki tutup berbahan dasar karet atau gabus. Cara penggunannya adalah dengan memutar tutup botolnya.

Penggunaan Jigger Di Bar
Penggunaan Jigger Di Bar – sumber: www.pexels.com

Can Opener

Alat ini digunakan untuk membuka kaleng yang berisi berbagai jenis jus, sirup, atau bahan dasar cocktail lainnya.

Bottle Opener

Alat ini berfungsi untuk membuka botol bir atau minuman bersoda. Ini adalah alat sederhana, tetapi sangat penting dalam bar.

Bar Knife

Pisau bar yang secara khusus digunakan untuk memotong garnish dan bahan-bahan lainnya. Memiliki mata pisau yang tajam dan tangkai yang nyaman untuk penggunaan yang presisi.

Cutting Board

Alat ini berfungsi sebagai alas untuk memotong dan mengiris berbagai jenis buah, sayuran untuk bahan ataupun garnish pembuatan mocktail dan coktail.

Brandy Heater

Alat ini digunakan untuk memanaskan minuman beralkohol, seperti brandy, sebelum disajikan. Ini dapat memperkaya aroma dan rasa minuman tersebut.

Jigger Cup

Alat ini digunakan sebagai pengukur takaran bahan minuman dalam pembuatan cocktail atau mocktail. Ini penting untuk menciptakan minuman dengan rasa yang konsisten.

Mixing Glass

Gelas berbahan kaca yang digunakan sebagai wadah untuk mencampur minuman dalam cara yang lebih lembut daripada shaker.

Bartender Menggunakan Orange Squeezer
Bartender Menggunakan Orange Squeezer – sumber: www.pexels.com

Orange Squeezer

Alat ini digunakan untuk memeras buah-buahan seperti jeruk, lime, dan lemon. Biasanya dipakai oleh bartender Ketika ingin menambahkan rasa segar dan asam ke dalam minuman.

Funnel

Alat ini memiliki bentuk seperti corong yang digunakan untuk menuangkan minuman ke wadah dengan bentuk mulut yang kecil. Ini akan berfungsi untuk mencegah minuman tumpah.

Ice Tongs

Alat ini digunakan untuk mengambil es dari wadah penyimpanan ke dalam gelas. Memiliki bentuk seperti pencapit.

Baca juga:  Jenis Jenis Minuman Di Bar: Beralkohol dan Non Alkohol

Fungsi penggunaan alat ini adalah untuk menjaga standar kebersihan dan mencegah kontaminasi es.

Ice Scoop

Alat yang digunakan untuk mengambil es dengan mudah. Memiliki bentuk seperti sekop kecil. Ini memungkinkan bartender untuk bekerja dengan cepat dan efisien.

Ice Picker

Alat ini berfungsi untuk memecahkan es yang menempel di dalam wadah penyimpanan.

Ice Shaver

Alat yang digunakan untuk menghasilkan es yang sangat halus, sering digunakan dalam pembuatan jenis minuman seperti snow cone atau es teler.

Ice Bucket

Alat ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan menjaga es tetap dingin selama pelayanan di bar.

Bartender Menggunakan Peralatan Bar
Bartender Menggunakan Peralatan Bar – sumber: www.pexels.com

Brush

Sikat yang digunakan untuk membersihkan dan merawat peralatan bar, termasuk shaker set, gelas, dan botol. Kebersihan adalah bagian penting dari bartender yang profesional.

Champagne Buck

Alat wadah ini memiliki bentuk seperti ember yang secara khusus digunakan untuk mendinginkan minuman Champagne sebelum disajikan.

Wine Cooler Stand

Alat ini berfungsi untuk tempat meletakan Champagne Buck atau Wine Cooler.

Dengan adanya bar hand tools di atas, tentuk akan sangat membantu meningkatkan efisiensi dalam penyajian minuman. Maka dari itu, investasi ke dalam peralatan ini sangat penting untuk dilakukan bagi pemilik bisnis bar.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis