Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Mengetahui 10 Macam Macam Pizza Yang Populer Dari Italia

Macam Macam Pizza
Blog

Mengetahui 10 Macam Macam Pizza Yang Populer Dari Italia

Pizza merupakan salah satu jenis menu western yang berasal dari Italia. Saat ini, tersedia berbagai macam macam pizza mulai dari Margherita, Marinara, dan masih banyak lagi.

Secara umum, pizza memiliki bentuk lingkaran dengan diameter 20-30 cm. Bagian-bagiannya terdiri dari crust (adonan yang terbuat dari tepung terigu), keju, saus tomat, dan topping.

Jenis toppingnya cukup beragam, mulai dari pepperoni, ham, sosis, hingga sayuran seperti jamur, paprika, bawang, artichoke.

Macam Macam Pizza Khas Dari Italia

Buat anda yang ingin mengenal menu pizza lebih jauh. Berikut adalah beberapa jenis jenis pizza yang khas dari Negara Italia.

Margherita

Margherita Pizza
Ilustrasi Margherita Pizza – Sumber: www.unsplash.com

Margherita ini sering disebut sebagai pizza klasik. Pertama kali dibuat oleh seorang chef asal Italia, Raffaele Esposito pada tahun 1889. Nama pizza ini diambil dari Ratu Margherita Savoy sebagai bentuk penghormatan.

Bahannnya terdiri dari saus tomat, mozzarella, daun basil, dan minyak zaitun. Bila dilihat sekilas, warna pizza ini menggambarkan warna bendera Italia yang terdiri dari merah, putih, dan hijau.

Marinara

Marinara PIzza
Ilustrasi Marinara Pizza – Sumber: www.pexels.com

Marinara adalah varian pizza sederhana yang terdiri dari bawang putih, oregano, dan juga topping anchovy atau ikan kecil. Berbeda dengan pizza lainnya, marinara tidak menggandung keju dalam pembuatannya.

Neapolitan

Neapolitan Pizza
Ilustrasi Neapolitan Pizza – Sumber: https://pin.it/3pSKkoY

Neapolitan merupakan pizza pertama yang berasal dari Kota Napoli, Italia. Pada awalnya, pizza ini merupakan makanan untuk masyarakat miskin.

Umumnya ditemukan di jalanan Italia. Untuk toppingnya terdiri dari anchovy atau ikan kecil, keju mozzarella, dan tomat.

Memiliki ciri khas pinggiran yang tebal dan puffy dengan tekstur empuk di tengahnya.

Baca juga:  7 Ide Menu Dessert Khas Italia Yang Memanjakan Lidah

Quattro Stagioni

Quattro Stagioni
Ilustrasi Quattro Stagioni – Sumber: https://pin.it/14ZTYlu

Quattro Stagioni berarti “empat musim” dalam bahasa Italia, adalah pizza yang dibagi menjadi empat bagian yang mewakili masing-masing musim.

Setiap bagiannya diisi dengan bahan yang sesuai dengan musim tersebut, seperti mozzarella dan tomat untuk musim gugur, racikan cabai untuk musim panas, artichoke untuk musim semi, dan jamur untuk musim dingin.

Capricciosa

Capricciosa Pizza
Ilustrasi Capricciosa Pizza – Sumber: https://pin.it/4c2tRqh

Nama “Capricciosa” sendiri berarti “berlebihan” atau “penuh gaya,” mencerminkan kombinasi bahan-bahan yang berbeda.

Pizza Capricciosa terbuat bahan seperti keju mozzarella, jamur, tomat, artichoke, dan zaitun.

Bentuk pinggirannya tipis sehingga rasanya renyah dan gurih. Biasanya dipadukan dengan saus tomat yang menciptakan kelezatan tersendiri.

Sicilia

Silica Pizza
Ilustrasi Silica Pizza – Sumber: www.pexels.com

Sicilia memiliki ciri khas pinggiran tebal dan sering disajikan dalam bentuk berbeda yaitu persegi panjang. Pizza ini terbilang banyak diminati oleh orang-orang karena mengenyangkan.

Bahan-bahan utamanya terdiri dari tomat, keju, dan minyak zaitun, tetapi variasi lokal dapat menambahkan bahan-bahan seperti anchovy, sosis, dan sayuran.

Pugliese

Pugliese Pizza
Ilustrasi Pugliese Pizza – Sumber: www.unsplash.com

Dari wilayah Puglia di Italia, pizza ini memiliki bentuk pinggiran yang tipis dan renyah. Bahannya terbuat dari tomat, mozzarella, bawang putih, dan daging sapi cincang.

Sementara itu, juga ada bahan zaitun yang dipetik langsung dari wilayah Puglia.

Al Taglio

Al Taglio Pizza
Ilustrasi Al Taglio Pizza – Sumber: www.pexels.com

Al Taglio atau dikenal dengan nama Rustica, merupakan pizza potong yang bisa ditemukan dengan mudah semua wilayah di Italia.

Pizza ini memiliki pinggiran tebal dan lembut yang dipanggang dalam loyang. Umumnya dibuat dengan bahan-bahan seperti artichoke, bawang, atau irisan jamur.

Ai Quattro Formaggi

Ai Quattro Formaggi Pizza
Ilustrasi Ai Quattro Formaggi Pizza – Sumber: www.unsplash.com

Ai Quattro Formaggi dapat diartikan sebagai “ke empat keju,”. Dalam pembuatannya, pizza ini melibatkan campuran empat jenis keju yang berbeda yaitu mozzarella, parmesan, gorgonzola, dan ricotta.

Perpaduan dari keempat keju ini memberikan cita rasa yang  gurih pada pizza.

Baca juga:  7 Tips Efektif Untuk Mengelola Inventory Restoran

Focaccia

Focaccia Pizza
Ilustrasi Focaccia Pizza – Sumber: www.unsplash.com

Focaccia merupakan pizza yang memiliki bentuk sedikit tebal dengan pinggiran yang empuk. Dalam pembuatannya tidak menggunakan keju atau tomat, dan hanya dibumbui bawang yang ditumis, minyak zaitun, dan topping yang gurih.

Nah itulah 10 macam-macam pizza dari Italia. Mungkin salah satunya dapat menjadi ide menu di bisnis restoran atau café anda.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis