Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Macam Macam Dimsum Dan Namanya: Warisan Kuliner Dari Asia

Macam Macam Menu Dimsum Dan Namanya
Blog

Macam Macam Dimsum Dan Namanya: Warisan Kuliner Dari Asia

Dimsum merupakan salah satu warisan kuliner yang berasal dari Asia, khususnya Tiongkok. Saat ini, terdapat berbagai macam macam dimsum dan namanya sudah sangat dikenal.

Untuk anda yang sedang bingung mencari ide menu untuk usaha kuliner, mungkin dimsum ini dapat menjadi inpirasi yang tepat mengingat hidangan ini cukup populer saat ini di kalangan anak muda.

Sekilas Sejarah Hidangan Dimsum

Sekilas Sejarah Hidangan Dimsum
Sekilas Sejarah Hidangan Dimsum – Sumber: www.unsplash.com

Dari beberapa sumber, dikatakan bahwa dimsum berasal dari tradisi kuliner khas Tiongkok. Penamaan “Dimsum” ini berasal dari Kanton, yang berarti “Titik Hati”.

Pada zaman kuno, Dimsum disajikan sebagai bagian dari tradisi minum teh sore di Tiongkok. Terdapat 2 versi mengenai asal mula hidangan dimsum ini.

Versi 1 dikatakan bahwa dimsum pertama kali diciptakan oleh seorang tabib yang bernama Zhang Zhongjing di zaman Dinasti Han Timur sekitar abad 25-220 M. Ia menciptakan makanan kecil yang berisi ramuan untuk pengobatan.

Sementara versi lain, menyebutkan bahwa dimsum berkembang pada jaman Dinasti Tang (618-907 M). Dimsum ini pertama kali ini muncul sebagai hidangan pada salah satu kedai teh di Guangzhou (Canton) sebagai camilan untuk peneman teh sore.

Saat itu, hidangan dimsum dibuat dari bahan kue yang diisi dengan daging cincang, sayuran, dan rempah-rempah.

Seiring berjalannya waktu, hidangan dimsum menjadi semakin dikenal di wilayah Tiongkok. Para juru masak saat itu bersaing untuk membuat berbagai varian menu yang unik.

Macam Macam Dimsum Dan Namanya

Berikut adalah beberapa jenis dim sum.

Baca juga:  Tips Mengatasi Kecurangan Pada Kasir Cafe Atau Restoran

Bao Zi

Bao Zi
Bao Zi – Sumber: www.unsplash.com

Bao Zi atau lebih dikenal sebagai Bakpao, adalah roti kukus yang berisi berbagai macam isian seperti daging ayam, sapi, atau babi serta ditambahkan sayuran dan pasta kacang merah manis.

Chun Juan

Chun Juan (Lumpia)
Chun Juan (Lumpia) – Sumber: www.unsplash.com

Chun Juan atau Lumpia adalah hidangan dimsum yang sering ditemui di berbagai masakan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Kulitnya biasanya dibuat dari tepung sementara isiannya dari sayuran, daging cincang dan sayuran. Biasanya disajikan dengan saus manis pedas.

Har Gao

Har Gao
Har Gao (Hakau) – Sumber: www.unsplash.com

Har Gao atau dikenal juga sebagai Hakau, adalah dimsum yang terkenal karena kulitnya yang transparan. Kulit tipis ini melibatkan campuran tepung tapioka dan gandum.

Sementara, isiianya bermacam-macam seperti daging ayam, udang, atau babi dengan bumbu-bumbu yang khas. Hakau biasanya dikukus dan disajikan dengan saus yang menggoda.

Lotus Leaf Rice

Lotus Leaf Rice
Lotus Leaf Rice – Sumber: pin.it/6MrG3q6

Lotus Leaf Rice, atau lebih dikenal sebagai Lo Mai Gai, adalah hidangan dimsum yang terdiri dari beras ketan yang dibungkus dalam daun teratai dan dikukus.

Isian beras ketan biasanya mencakup daging ayam, jamur, dan saus khas Tionghoa. Proses pengukusan dalam daun teratai memberikan aroma khas dan tekstur yang kenyal.

Lumpia Kukus

Lumpia Kukus
Lumpia Kukus – Sumber: www.pexels.com

Lumpia Kukus adalah varian Lumpia yang diukus daripada digoreng. Proses pengukusan menghasilkan hidangan yang lebih ringan dan sehat, sementara tetap mempertahankan cita rasa yang khas.

Isiannya bervariasi mulai dari daging ayam, kepiting, dan udang.

Mantou

Mantou
Mantou – Sumber: www.pexels.com

Mantou atau Mantau merupakan roti kukus yang terbuat dari bahan tepung terigu tanpa isian. Hidangan ini memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang lembut,

Mantou sering dihidangkan sebagai pendamping hidangan lain atau dimakan dengan saus manis. Saat ini, varian mantou diisi dengan berbagai bahan seperti daging atau kacang merah.

Baca juga:  Pengertian Silverware Restoran Dan Apa Saja Jenis-Jenisnya

Siu Mai (Siomai)

Siu Mai
Siu Mai (Siomai) – Sumber: www.unsplash.com

Siu Mai atau lebih dikenal sebagai Siomai adalah salah satu hidangan dimsum yang paling terkenal. Memiliki bentuk bundar dengan bagian atas yang terbuka.

Dibuat dengan daging cincang, udang, dan bumbu-bumbu yang lezat. Biasanya disajikan dengan saus kecap pedas.

Spring Roll

Spring Roll
Spring Roll – Sumber: www.pexels.com

Spring Roll adalah dimsum berbentuk gulungan yang sering diisi dengan sayuran, daging cincang, dan kadang-kadang dengan mie.

Kulit lumpia yang tipis melibatkan campuran tepung terigu dan air, dan kemudian digoreng hingga kecokelatan. Umumnya sering dihidangkan dengan saus.

Steamed Meatball

Steamed Meatball
Steamed Meatball – Sumber: whattocooktoday.com

Steamed meatball dibuat dengan bahan daging cincang yang disajikan dengan rempah-rempah dan bumbu khas, kemudian dikukus untuk menghasilkan bola daging yang lembut.

Ini mirip dengan bakso, akan tetapi disajikan tanpa kuah melainkan hanya dengan saus kacang atau saus pedas.

Wan Ton

Wan Ton
Wan Ton – Sumber: www.pexels.com

Wan Ton adalah hidangan dimsum berbentuk segitiga atau kotak yang diisi dengan campuran daging ayam yang dicincang, dan rempah-rempah.

Hidangan ini biasanya direbus dan disajikan dalam sup kaldu. Memiliki rasa yang lezat dan menjadi favorit di meja dimsum.

Xiao Long Bao

Xiao Long Bao
Xiao Long Bao – Sumber: www.pexels.com

Xiao Long Bao ini sering dikenal dengan sebutan pangsit sup. Namun, jenis dimsum ini sebenarnya tidak berisi sup.

Dibuat dengan isian daging seperti kepiting atau babi yang dikukus. Proses pengukusan ini akan membuat bahan-bahan meleleh sehingga nampak mengeluarkan kaldu yang gurih saat digigit.

Zheng Feng Zhua

Zheng Feng Zhua
Zheng Feng Zhua – Sumber: www.pexels.com

Zheng Feng Zhua atau Angsio Ceker, adalah hidangan dimsum yang terbuat dari ceker ayam yang dimasak dengan saus angciu (arak beras), kecap manis, dan bumbu khas Tionghoa.

Itulah beberapa macam-macam bentuk dimsum. Semua varian dimsum ini tentu dapat dijadikan ide menu untuk usaha kuliner anda.

Baca juga:  5 Perbedaan Supplier dan Distributor Dalam Bisnis F&B

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis