Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Menjelajahi 6 Macam Kebab Khas Dari Negara Timur Tengah

Macam Kebab
Blog

Menjelajahi 6 Macam Kebab Khas Dari Negara Timur Tengah

Kebab merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari saat ini. Berbagai macam kebab kini bisa ditemui pada tempat-tempat makan di sisi jalan.

Perpaduan cita rasa yang khas dan aroma yang kuat menjadi daya tarik utama bagi kebab. Ini mungkin ini dapat menjadi ide menu bila anda sedang memulai usaha kuliner.

Sejarah Kebab

Sejarah Kebab
Sejarah Kebab – Sumber: www.unsplash.com

Dilihat dari asal-usulnya, diperkirakan kebab menyebar dari daerah Persia ke seluruh wilayah Timur Tengah pada abad ke-8. Hingga akhirnya sampai di India pada sekitar abad ke-15.

Pada awalnya kebab saat itu hanya disajikan dalam bentuk bola yang dibuat dari bahan daging ayam atau domba yang dicincang.

Hingga akhirnya pada abad ke-16, para tentara Turki mulai mempopulerkan makanan ini ke seluruh dunia. Sehingga, kebab dikenal sebagai makanan khas dari Timur Tengah, terutama Turki.

Pada saat itu, tentara Turki menggunakan pedang mereka untuk mengiris daging yang telah dipanggang.

Jadi, sebenarnya kebab ini tidak benar-benar berasal di Turki tetapi Persia. Namun, kepopulerannya ini tidak bisa dilepaskan dari para tentara Turki.

Macam-Macam Kebab

Berikut adalah ragam jenis kebab yang berasal dari Negara Timur Tengah.

Adana Kebab

Adana Kebab
Ilustrasi Adana Kebab – Sumber: www.unsplash.com

Adana Kebab ini berasal berasal dari kota Adana, Turki. Dikenal karena cita rasa pedas dan lezatnya. Terbuat dari bahan dasar daging domba atau daging sapi.

Daging-daging dicincang, lalu dicampur dengan bumbu khas seperti paprika, bawang putih, dan merica. Setelah itu, campuran ini kemudian ditusuk pada besi berbentuk pipih Panjang dan dipanggang di atas bara api.

Chapli Kebab

Chapli Kebab
Ilustrasi Chapli Kebab – Sumber: www.unsplash.com

Chapli kebab adalah kebab khas Pakistan yang unik karena bentuknya yang datar dan lebar. Itu mirip menyerupai patty, isian daging pada burger.

Baca juga:  Menu Tempura, Hidangan Pembuka Yang Lezat Khas Jepang

Terbuat dari bahan daging sapi yang dicampur dengan tepung kacang, bawang, tomat, dan rempah-rempah khas. Campuran ini kemudian dipipihkan dan digoreng hingga kecokelatan.

Kebab ini memiliki cita rasa yang unik dengan tambahan tekstur renyah dari tepung kacang. Inilah yang membedakannya dari kebanyakan varian kebab lainnya.

Döner Kebab

Döner Kebab
Ilustrasi Döner Kebab – Sumber: www.unsplash.com

Döner kebab telah menjadi salah satu varian kebab paling terkenal di dunia. Berasal dari Turki, döner kebab terdiri dari daging yang dipotong tipis dan dimasak dengan posisi vertikal menggunakan alat panggang rotisserie.

Dalam proses memanggang, rotisserie akan diputar. Ini akan menghasilkan tekstur daging luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut dan juicy.

Penyajian kebab ini biasanya dalam roti dengan tambahan sayuran segar dan saus yogurt.

Iskender Kebab

Iskender Kebab
Ilustrasi Iskender Kebab – Sumber: www.pexels.com

Iskender kebab adalah jenis kebab yang terkenal di Kota Istanbul dan Bursa, Turki. Dua daerah yang pernah menjadi ibu kota Kekhalifahan Turki Utsmani atau Ottoman.

Jenis kebab ini terdiri dari irisan Doner Kebab, yang disajikan dengan potongan roti kecil, tomat, paprika panggang, dan dilengkapi dengan krim yogurt dan saus tomat. Terakhir, akan disiram dengan dengan didihan mentega cair.

Kathi Kebab

Kathi Kebab
Ilustrasi Kathi Kebab – Sumber: www.unsplash.com

Kathi kebab adalah kebab yang berasal dari India, dan namanya diambil dari “kathi,” yang berarti tusuk bambu. Dagingnya dapat berupa daging ayam, daging sapi, atau daging kambing. Lalu, dimasak dengan bumbu khas India.

Dalam proses memasaknya, itu akan menggunakan Tandoor. Ini merupakan alat panggang yang biasa digunakan oleh orang India.

Daging akan dilitkan pada tusukan tandoor tersebut, dan dipanggang pada bara api. Ini menghasilkan aroma dan rasa kebab yang khas.

Shish Kebab

Shish Kebab
Ilustrasi Shish Kebab – Sumber: www.pexels.com

Dalam Bahasa Turki, Shish dapat diartikan sebagai tusuk sate. Jenis kebab ini disajikan dengan cara ditusuk seperti sate.

Baca juga:  6 Contoh Komplain Tamu Di Restoran Dan Solusi Menanganinya

Pada setiap tusukan Shish Kebab ini akan ditemui daging dan sayuran seperti tomat, timun, paprika.

Nah, itulah beberapa variasi kebab khas dari Negara Timur Tengah. Semoga bermanfaat!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis