Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

7 Tips Efektif Untuk Mengelola Inventory Restoran

Inventory Restoran
Blog

7 Tips Efektif Untuk Mengelola Inventory Restoran

Inventory restoran adalah kumpulan barang atau bahan mentah yang diperlukan untuk menjalankan operasional harian bisnis restoran.

Ini mencakup semual hal mulai dari bahan utama seperti daging, sayuran, kopi, dan susu, hingga barang-barang lain seperti peralatan dapur, peralatan makan, dan kemasan take away makanan.

Untuk kelancaran operasional restoran, perlu dilakukan pengelolaan inventory. Proses ini melibatkan pengawasan, pemantauan, dan pengelolaan barang atau bahan mentah dengan baik.

Tujuan dari pengelolaan ini adalah untuk memastikan tersedianya persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan tanpa kelebihan atau kekurangan.

Tips Mengelola Inventory Restoran

Tips Mengelola Inventory Restoran
Tips Mengelola Inventory Restoran – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah beberapa tips efektif untuk mengelola inventori restoran.

Lakukan Pemantauan Inventori Secara Teratur

Pemantauan inventori seharusnya dilakukan secara teratur, idealnya setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.

Ini dapat dilakukan dengan membuat daftar semua bahan makanan, minuman, dan barang-barang lain yang ada di stok.

Dengan pemantauan yang konsisten, anda dapat mengidentifikasi tren penggunaan, memperkirakan kebutuhan, dan mencegah terjadinya kehilangan atau pemborosan.

Tetapkan Standar Pengukuran dan Pembagian

Tetapkan standar pengukuran yang jelas untuk setiap item inventori. Misalnya, tentukan berapa gram atau liter untuk setiap porsi atau sajian.

Hal ini akan membantu dalam memperkirakan persediaan yang diperlukan dan menghindari pemborosan karena porsi yang tidak konsisten.

Selain itu, pastikan untuk membagi stok dengan baik untuk menghindari penumpukan yang tidak perlu dan mengoptimalkan ruang penyimpanan.

Baca juga:  Struktur Organisasi Bar Dengan Skala Menengah Dan Besar

Perhatikan Rotasi Stok

Prinsip ‘First In, First Out’ (FIFO) sangat penting dalam mengelola inventori restoran, terutama pada bahan makanan atau minuman.

Pastikan untuk menggunakan stok lama terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan atau kadaluwarsa.

Atur penyimpanan agar barang atau bahan utama yang lebih lama berada di bagian depan atau mudah diakses. Sementara stok yang baru ditempatkan di belakang.

Lakukan Analisis Biaya dan Kinerja

Selalu tinjau biaya inventori secara berkala dan identifikasi area di mana anda dapat menghemat atau mengoptimalkan pengeluaran. Perhatikan tren pembelian, harga, dan kualitas barang.

Selain itu, lakukan analisis kinerja untuk menilai efektivitas strategi inventori anda dan cari cara untuk meningkatkan efisiensi.

Terlibat Dengan Pemasok Secara Aktif

Jalin hubungan yang baik dengan pemasok anda serta lakukan negosiasi harga, persyaratan pengiriman, dan kualitas barang secara efektif.

Diskusikan kebutuhan inventori anda dengan mereka dan cari cara untuk bekerja sama guna mengoptimalkan proses pengadaan dan pengiriman.

Pemasok yang baik dapat menjadi mitra yang berharga dalam menjaga ketersediaan stok dan mengurangi biaya.

Berikan Pelatihan Kepada Staf Anda

Pastikan staf anda terlatih dengan baik dalam manajemen inventori dan memiliki pemahaman yang kuat tentang prosedur dan kebijakan yang ada.

Berikan pelatihan reguler tentang cara mengukur stok, melakukan pemantauan, dan mengidentifikasi tanda-tanda pemborosan atau kehilangan.

Dengan staf yang terampil dan terlatih, anda dapat mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Gunakan Sistem Manajemen Inventori yang Tepat

Untuk mempermudah anda di dalam mengelola inventory, lakukan investasi dalam sistem manajemen inventori yang sesuai dengan skala dan kebutuhan restoran anda.

Sistem ini dapat membantu anda melacak stok secara real-time, menghitung persediaan secara otomatis, dan bahkan memberikan peringatan saat stok mencapai tingkat yang perlu diisi kembali.

Baca juga:  8 Cara Mempertahankan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Restoran

Dengan menggunakan teknologi, anda dapat mengurangi risiko kesalahan manusia (human error) dan meningkatkan efisiensi operasional.

Teknologi Untuk Mempermudah Mengelola Inventori

Point of Sale Untuk Mengelola Inventori
Point of Sale Untuk Mengelola Inventori – Sumber: www.pexels.com

Seperti yang sudah disebutkan pada tips terakhir di atas, anda dapat melakukan investasi pada sistem manajemen inventori. Sistem ini tersedia pada aplikasi point of sale (POS) dari Orderbil.

Dengan point of sale restoran ini, anda dapat mengelola stok secara real-time dengan lebih detail dan akurat.

Ini akan membantu bisnis restoran terhindar dari kekurangan atau kelebihan stok, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Apabila anda tertarik untuk mengenal point of sale ini lanjut, silahkan konsultasi gratis sekarang melalui Whatsapp.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis