Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

8 Jenis Jenis Restoran Beserta Daya Tarik Dan Contohnya

Jenis Jenis Restoran
Blog

8 Jenis Jenis Restoran Beserta Daya Tarik Dan Contohnya

Jenis jenis restoran saat ini sangat bervariasi mulai dari Fine Dining, Speciality, Bar, hingga yang mulai banyak bermunculan yaitu food court. Dari masing-masing restoran ini memiliki daya tarik yang berbeda-beda.

Apabila anda sedang merencanakan untuk memulai usaha restoran, ada baiknya untuk mengenal semua jenis-jenis restoran ini terlebih dahulu agar nantinya anda dapat menentukan konsep mana yang cocok untuk diterapkan.

Jenis Jenis Restoran Dan Contohnya

Fine Dining Restaurant

Fine Dining Restaurant
Fine Dining Restaurant – sumber: www.unsplash.com

Jenis restoran ini sangat mengutamakan kualitas dan pelayanan. Menawarkan kuliner mewah, suasana elegan, pelayanan yang baik, serta menu yang artistik. Selain itu, hidang-hidangannya menggunakan bahan kualitas tinggi.

Restoran ini pertama kali muncul di Prancis pada abad ke-18 selama masa pemerintahan Louis XIV. Pada saat itu, konsep makan mewah dengan pelayanan eksklusif telah menyebar ke seluruh dunia.

Contoh Fine Dining Restaurant: Bernardin di New York City dan The French Laundry di Napa Valley.

Speciality Restaurant

Speciality Restaurant
Speciality Restaurant – sumber: www.unsplash.com

Jenis restoran ini mengkhususkan diri dalam hidangan atau makanan dari suatu daerah tertentu. Selain itu, dekorasinya juga sangat mencerminkan suatu tema tertentu sehingga pengalaman yang diberikan sangat mandalam.

Mereka menawarkan menu yang autentik dan biasanya terbatas pada hidangan khusus seperti: Sushi, Steak, atau masakan unik lainnya.

Contoh Speciality Restaurant: Nobu, restoran sushi terkenal di seluruh dunia.

Fast Food Restaurant

Fast Food Restaurant
Fast Food Restaurant – sumber: www.unsplash.com

Jenis restoran ini fokus menawarkan hidangan yang disiapkan dengan cepat dan harga terjangkau kepada pelanggannya. Sehingga, sering disebut restoran cepat saji.

Menu yang mereka tawarkan umumnya berbentu Burger, Kentang Goreng (Friench Fries), Ayam Goreng (Fried Chicken), dan jenis minuman ringan.

Baca juga:  Manfaat Dan Tantangan Penggunaan Mobile POS di Restoran

Restoran ini awalnya muncul pada abad ke-20 tetapi konsepnya telah ada dalam berbagai bentuk di seluruh dunia sepanjang sejarah.

Contoh Fast Food Restaurant: McDonald’s, Burger King, dan KFC (Kentucky Fried Chicken).

PUB/BAR

Jenis Restoran PUB atau Bar
PUB atau Bar – sumber: www.unsplash.com

Jenis restoran ini merupakan tempat hiburan yang bersosialisasi dan menikmati minuman beralkohol, mulai dari beer hingga cocktail khusus.

Selain itu, umumnya mereka juga menawarkan suasana yang hidup dengan musik dan hiburan langsung (Musik Live).

Contoh PUB/Bar: The Cheers Bar di Boston dan The Shoreditch di London.

Coffee Shop

Jenis Restoran Coffee Shop
Coffee Shop – sumber: www.unsplash.com

Jenis restoran ini secara khusus menyajikan berbagai kopi atau teh yang menawarkan suasana santai. Sehingga, sering digunakan sebagai tempat berkumpul atau bekerja.

Selain minuman kopi, mereka juga menawarkan menu-menu, seperti: kue, sandwich, salad dan makanan ringan lain sebagainya.

Contoh Coffee Shop: Starbucks dan Tim Hortons.

Bistro

Jenis Restoran Bistro
Bistro – sumber: www.unsplash.com

Ini merupakan restoran kecil yang menawarkan hidangan yang santai atau informal, akan tetapi menyajikan hidangan berkualitas tinggi.

Jenis restoran ini berasal dari Perancis yang muncul pada abad ke-19. Pada awalnya hanya tempat makan yang sederhana dan terjangkau.

Variasi menu yang ditawarkan umumnya terbatas dan terkenal dengan hidangan Perancis klasik seperti steak frites (steak dengan kentang goreng) sup bawang, coq au vin, dan lain sebagainya.

Contoh Bistro: Le Bistro Parisien di Paris, Balthazar di New York City.

Bakery

Jenis Restoran Bakery
Toko Roti – sumber: www.unsplash.com

Bakery atau toko roti ini merupakan tempat dimana pelanggan dapat menemukan berbagai jenis roti dan kue. Beberapa bakery ini menyediakan tempat duduk untuk pelanggan agar dapat menikmati roti dengan secangkir kopi atau teh.

Contoh Bakery: Le Pain Quotidien dan Paul Bakery.

Food Court

Jenis Restoran Food Cart
Food Cart – sumber: www.unsplash.com

Jenis restoran ini bisa dikatakan sebagai restoran kecil yang bergerak karena mereka umumnya menggunakan gerobak atau kendaraan yang sudah dimodifikasi (Food Truck).

Baca juga:  12 Cara Meningkatkan Penjualan Cafe Yang Wajib Diterapkan

Mereka biasanya mudah ditemukan di jalanan atau tempat-tempat umum seperti jalan-jalan, taman, acara-acara khusus, perkantoran, atau depan pusat perbelanjaan.

Menu yang mereka biasa sediakan adalah hidangan cepat saji seperti: hot dog, taco, es krim, dan lain sebagainya.

Contoh: Jakarta Food Truck, Labanco Coffee, dan Loco Mama.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa jenis-jenis restaurant ini. Mana konsep yang anda ingin coba terapkan?

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis