Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Tips Memilih Kemasan Take Away Makanan Untuk Bisnis Kuliner

Kemasan Take Away Makanan
Blog

Tips Memilih Kemasan Take Away Makanan Untuk Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner seperti restoran atau cafe umumnya tidak hanya melayani pelanggan di tempat, akan tetapi juga makanan untuk dibawa pulang. Sehingga, penting untuk pengelola bisnis untuk menyediakan kemasan take away makanan.

Dalam blog ini, kita akan membahas mengenai tips memilih kemasan take away dan contoh-contoh kemasannya.

Tips Memilih Kemasan Take Away Makanan

Tips Memilih Kemasan Take Makanan
Tips Memilih Kemasan Take Makanan – Sumber: www.unsplash.com

Pertimbangkan Jenis Makanan

Setiap menu mungkin memerlukan kemasan yang berbeda-beda. Sehingga, perlu pertimbangkan jenis makanan yang akan disajikan.

Apakah itu makanan berkuah, makanan berat, makanan ringan, atau mungkin makanan yang memerlukan pemanasan tambahan?

Misalnya, makanan berkuah akan memerlukan wadah yang tahan bocor dan tahan panas. Sementara makanan yang memerlukan pemanasan tambahan mungkin memerlukan kemasan yang dapat digunakan dalam oven.

Faktor Keamanan

Keamanan makanan adalah prioritas utama dalam bisnis makanan dan minuman. Pastikan kemasan yang dipilih memenuhi standar keamanan pangan yang berlaku.

Pilihlah kemasan yang aman untuk kontak langsung dengan makanan dan tidak akan mengubah rasa atau kualitas makanan.

Kualitas Material

Pilihlah kemasan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama. Kemasan yang kokoh akan membantu melindungi makanan selama proses pengiriman dan mengurangi risiko kebocoran atau kerusakan.

Pastikan juga kemasan tersebut ramah lingkungan dan dapat didaur ulang jika memungkinkan.

Kemasan yang Praktis

Kemasan yang praktis dan mudah digunakan akan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Baca juga:  Apa Itu Sistem FIFO Dalam Bisnis Restoran? Ketahui Di Sini!

Pastikan kemasan tersebut mudah dibuka dan ditutup serta dirancang untuk membawa berbagai jenis makanan dengan nyaman.

Selain itu, kemasan yang memiliki fitur tambahan, seperti bagian terpisah untuk saus atau bumbu, juga dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Isolasi Termal

Apabila menyajikan makanan yang memerlukan suhu tertentu, pertimbangkan memilih kemasan atau penutup makanan dengan isolasi termal yang baik.

Kemasan dengan lapisan tambahan atau desain insulasi dapat membantu mempertahankan suhu makanan selama pengiriman.

Selain itu, ini juga akan memastikan makanan tetap panas atau dingin sesuai kebutuhan.

Branding dan Identitas Merek

Menyediakan kemasan juga dapat menjadi kesempatan untuk memperkuat branding dan identitas merek bagi bisnis kuliner.

Pertimbangkan untuk mencetak logo atau desain unik pada kemasan untuk meningkatkan pengenalan merek di antara calon pelanggan.

Ketersediaan dan Biaya

Terakhir, pertimbangkan ketersediaan dan biaya kemasan yang Anda pilih. Pastikan kemasan tersebut mudah didapatkan sesuai dengan yang dibutuhkan dan anggaran bisnis.

Selain itu, pastikan juga biaya pengiriman apabila memesan kemasan secara online.

Contoh Kemasan Take Away Untuk Bisnis Kuliner

Contoh Kemasan Makanan Untuk Bisnis Kuliner
Contoh Kemasan Makanan Untuk Bisnis Kuliner – Sumber: www.unsplash.com

Food Pail

Food pail atau biasa disebut sebagai kotak nasi memiliki bentuk persegi yang memanjang ke atas. Umumnya terbuat dari bahan karton atau kertas yang memiliki daya tahan yang baik.

Selain itu, ada juga yang dilengkapi dengan tambahan logo dan warna di bagian tertentu.

Kemasan ini dapat digunakan untuk jenis makanan berat seperti nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, mie goreng, dan jenis makanan berat lainnya.

Lunch Box

Lunch box adalah kemasan yang sering digunakan untuk hidangan berat maupun ringan. Biasanya terbuat dari kertas yang berkualitas.

Umumnya memiliki desain yang pas di tangan sehingga ini membuatnya ideal untuk hidangan seperti nasi kotak dan lain sebagainya.

Baca juga:  Jenis Jenis Minuman Di Bar: Beralkohol dan Non Alkohol

Lunch Box Bento

Lunch box bento adalah varian dari lunch box yang dirancang khusus untuk menyajikan hidangan bento yaitu makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi, lauk, dan sayuran.

Bentuk kemasan mirip dengan lunch box biasa akan tetapi memiliki sekat pembatas untuk setiap lauknya. Adanya pembatas akan membuat makanan tidak tercampur dan tertata rapi.

Paper Bowl

Seperti namanya, kemasan ini memiliki bentuk seperti mangkuk. Terbuat dari kertas yang tahan lembab dan memiliki ukuran porsi makanan besar.

Jenis hidangan yang cocok digunakan untuk kemasan ini adalah jenis soup, salad, gado-gado, bubur, dan jenis hidangan berkuah lainnya.

Paper Tray

Paper tray merupakan jenis kemasan makanan yang paling umum dipakai pada restoran, cafe, atau toko-toko yang menawarkan makanan ringan.

Terbuat dari kertas untuk makanan pada umumnya. Memiliki bentuk kotak pipih memanjang akan tetapi tidak memiliki penutup. Sehingga, kurang baik dari sisi keamanan apabila makan dibawah pulang.

Beberapa jenis hidangan yang cocok untuk kemasan ini yaitu burger, sandwich, dan lain sebagainya.

Snack Box

Snack box adalah kemasan yang ideal untuk makanan ringan atau camilan yang diambil secara cepat. Biasanya terbuat dari kertas karton yang aman untuk makanan.

Kemasan sering digunakan untuk jenis menu snack seperti kentang goreng, roti bakar, dan lain sebagainya. Dilengkapi dengan penutup yang aman untuk membantu menjaga kebersihan makanan.

Demikianlah pembahasan mengenai tips dan contoh kemasan takeaway makanan ini. Yang mana cocok untuk bisnis kuliner anda?

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis