Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Tips Menentukan Jam Operasional Restoran Yang Tepat

Jam Operasional Restoran
Blog

Tips Menentukan Jam Operasional Restoran Yang Tepat

Menentukan jam operasional adalah langkah penting yang harus dilakukan bagi setiap bisnis restoran. Sebab, jam operasional restoran ini dapat memengaruhi produktivitas, kenyamanan pelanggan, hingga efisiensi operasional.

Dalam penentuannya, waktu operasional ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Diperlukan perencanaan yang matang dan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik bisnis serta kebutuhan pasar.

Berikut kita akan membahas beberapa tips menentukan jam operasional restoran yang tepat.

Tips Menentukan Jam Operasional Restoran

Sesuaikan Dengan Menu Yang Ditawarkan

Menu Yang Ditawarkan Restaurant
Menu Yang Ditawarkan Restaurant – Sumber: www.unsplash.com

Menu sering menjadi pertimbangan utama di dalam penentuan jam operasional. Pertimbangkan untuk menyesuaikan waktu buka dengan menu yang ditawarkan.

Sebagai contoh, apabila restoran anda menawarkan menu-menu yang tergolong sarapan atau breakfast, maka anda bisa memilih waktu buka di antara pagi hingga siang.

Jika restoran anda fokus dengan menu-menu dinner maka anda bisa mempertimbangkan untuk waktu buka diantara sore tengah malam.

Sementara itu, apabila restoran anda menyediakan menu yang beragam mulai dari breakfast hingga dinner, maka anda dapat mempertimbangkan waktu buka sepanjang hari.

Pahami Siapa Target Pelanggan Anda

Target Pelanggan
Target Pelanggan – Sumber: www.unsplash.com

Berikutnya pahami siapa yang menjadi target pelanggan anda dan kapan mereka cenderung makan di restoran.

Apabila restoran anda terletak di area dekat perkantoran, maka buka di siang hari adalah waktu yang tepat untuk menangkap pelanggan yang mencari tempat makan saat jam istirahat.

Berbeda bila anda ingin fokus ke pelanggan yang mencari makan malam romantis, maka jam operasional hingga larut malam dapat menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga:  Arti Waiting List Restoran Beserta Manfaat Dan Penerapannya

Pertimbangkan Dimana Letak Restoran

Letak Restoran
Letak Restoran – Sumber: www.unsplash.com

Lokasi restoran juga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan waktu buka restoran.

Apabila restoran anda berlokasi di pusat kota yang ramai atau dalam food court maka memperpanjang jam buka hingga larut malam dapat menjadi keputusan yang tepat.

Dalam kasus restoran anda berada di lingkungan yang lebih tenang atau jauh dari keramaian kota, maka mempertimbangkan untuk tutup lebih awal adalah keputusan yang tepat.

Perhatikan Jam Operasional Pesaing

Pesaing Bisnis Kuliner
Pesaing Bisnis Kuliner – Sumber: www.unsplash.com

Lakukan riset mengenai jam operasional beberapa pesaing atau kompetitor di sekitar anda. Ini adalah cara cukup efisien untuk menentukan waktu buka restoran.

Apabila pesaing di sekitar anda memiliki jam operasional yang berbeda, maka anda dapat menyesuaikan waktu tersebut apabila mirip dengan bisnis restoran anda.

Sesuaikan Ketersediaan Staff

Ketersediaan Staff
Ketersediaan Staff – Sumber: www.unsplash.com

Terakhir, pastikan anda memiliki staf yang memadai untuk mendukung jam operasional yang anda pilih. Khususnya apabila anda memilih waktu operasional yang panjang dari pagi hingga malam hari.

Pastikan staf anda memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidak dipaksa untuk bekerja terlalu lama. Sebab, ini hanya akan memicu terjadinya stres kepada mereka.

Maka dari itu, aturlah waktu buka dengan bijaksana dan pastikan anda memiliki rencana cadangan jika terjadi kekurangan staf.

Itulah beberapa tips menentukan jam operasional restoran yang tepat. Semoga dapat bermanfaat!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis