Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Jenis Jenis Dapur Yang Umumnya Digunakan Di Restoran

Jenis Jenis Dapur
Blog

Jenis Jenis Dapur Yang Umumnya Digunakan Di Restoran

Dapur tentu menjadi bagian yang wajib ada di setiap bisnis restoran sebab ini merupakan tempat dimana makanan dibuat. Setiap restoran umumnya menggunakan jenis jenis dapur yang berbeda dalam hal menjalankan operasional sehari-harinya.

Terdapat beberapa jenis kitchen yang umumnya ditemukan dalam bisnis restoran, diantaranya: traditional kitchen, open kitchen, buffet kitchen, fast casual kitchen, satellite kitchen, dan test kitchen.

Berikut mari kita bahas penjelasan dari masing-masing dapur tersebut.

Jenis Jenis Dapur Restoran

Traditional Kitchen

Traditional Kitchen
Ilustrasi Traditional Kitchen – Sumber: www.unsplash.com

Dapur ini umumnya yang paling populer ditemui di sebagian besar restoran, terutama yang menerapkan table service atau konsep pelayanan di meja.

Dalam konsep ini, ketika makanan selesai dibuat maka koki akan meletakan makanan tersebut di jendela kecil sambil menekan bel. Kemudian, makanan akan diambil dan diantarkan oleh waiter ke meja pelanggan.

Open Kitchen

Open Kitchen
Ilustrasi Open Kitchen – Sumber: www.unsplash.com

Open kitchen atau dapur terbuka adalah konsep yang semakin populer diterapkan di industri kuliner. Dalam konsep ini, terdapat kaca transaparan yang membatasi antara pelanggan dan koki.

Sehingga, pelanggan dapat menyaksikan secara langsung proses memasak makanan yang dilakukan oleh koki. Ini sering menjadi atraksi menarik bagi para pengunjung restoran.

Buffet Kitchen

Buffet Kitchen
Ilustrasi Buffet Kitchen – Sumber: www.unsplash.com

Buffet kitchen adalah dapur yang dirancang khusus untuk menyediakan makanan untuk prasmanan atau konsep All You Can Eat.

Dapur ini dirancang dengan efisiensi tinggi dalam memasak dan menyajikan makanan dalam jumlah besar.

Biasanya, ada stasiun memasak yang berbeda untuk berbagai jenis hidangan, mulai dari appetizer hingga dessert.

Fast Casual Kitchen

Fast Casual Kitchen
Ilustrasi Fast Casual Kitchen – Sumber: www.unsplash.com

Fast casual kitchen adalah konsep dapur yang umumnya ditemui di jenis restoran cepat saji yang berfokus konsep quick service atau pelayanan yang cepat.

Baca juga:  5 Tips Layout Restoran Sederhana Bikin Pengunjung Nyaman

Umumnya menu yang dihidangkan seperti burger, sandwich, atau salad. Ketika makanan selesai dibuat, umumnya pelanggan dapat mengambil langsung makanan di counter khusus dekat kasir.

Satellite Kitchen

Satellite Kitchen
Ilustrasi Satellite Kitchen – Sumber: www.unsplash.com

Satellite kitchen adalah dapur ini banyak ditemui pada hotel yang menyediakan layanan room service atau juga tempat makan di area mall.

Umumnya jenis dapur ini hanya befokusi pada menu-menu take away. Dengan kata lain, pelanggan menikmati makanan tidak langsung di meja restoran.

Test Kitchen

Test Kitchen
Ilustrasi Test Kitchen – Sumber: www.unsplash.com

Test kitchen merupakan tempat yang sering dipakai untuk melakukan eksperimen dalam pembuatan atau pengembangan menu-menu baru.

Umumnya, memiliki ukuran yang lebih kecil dan dirancang khusus untuk memudahkan koki di dalam menguji coba menu baru tanpa mengganggu operasional sehari-hari.

Itulah beberapa jenis kicthen yang umum ditemui di restoran. Penerapan setiap jenis kitchen ini tentu berbeda sesuai dengan konsep yang digunakan restoran.

Referensi:

https://trofiapp.id/blog/6-jenis-dapur-yang-umum-diterapkan-di-restoran-528

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis