Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

7 Ide Menu Dessert Khas Italia Yang Memanjakan Lidah

Dessert Khas Italia
Blog

7 Ide Menu Dessert Khas Italia Yang Memanjakan Lidah

Italia dikenal dengan surganya dessert atau makanan pencuci mulut. Dessert khas Italia cukup bervariasi serta memiliki tampilan yang cantik dan rasa yang memanjakan lidah.

Apabila anda sedang mencari ide menu dessert untuk bisnis restoran, mungkin jenis dessert dari Italia ini dapat anda pertimbangkan untuk ditambahkan ke menu restoran anda.

Dessert Khas Italia

Berikut adalah beberapa contoh dessert dari Italia.

Cannoli

Cannoli
Ilustrasi Cannoli – Sumber: www.unsplash.com

Cannoli adalah jenis pastry yang memiliki ciri khas berbentuk tabung yang sekilas mirip bentuk spring roll. Dikenal dengan teksturnya yang renyah dengat cita rasa krim yang lembut.

Terdiri dari kulit luar yang terbuat dari adonan pastry digoreng crispy dengan isian dari campuran krim keju dan ricotta yang manis dan lembut.

Selain itu, dessert ini biasanya juga dihiasi dengan taburan cokelat parut, kacang pistachio yang dicincang, dan juga buah kering.

Cassata Siciliana

Cassata Siciliana
Ilustrasi Cassata Siciliana – Sumber: www.unsplash.com

Cassata Sicilian adalah jenis kue pencuci mulut dengan ciri khas rasanya yang manis, kenyal, dan segar. Kue ini memiliki sejarah yang panjang dan terdapat sedikit pengaruh dari bangsa Arab.

Bahannya terdiri dari lapisan sponge cake yang dilapisi dengan krim es krim dan buah-buahan, serta dihiasi dengan marzipan (sejenis permen dari tepung kacang almond) dan aneka buah-buahan.

Gelato

Gelato
Ilustrasi Gelato – Sumber: www.unsplash.com

Gelato merupakan jenis menu es krim yang khas dari Italia. Memiliki ciri khas tekstur yang lebih lembut dan intens bila disbandingkan dengan es krim pada umumnya.

Menu ini biasanya tersedia dalam berbagai rasa mulai dari yang klasik seperti cokelat, vanilla, dan pistachio hingga ada juga rasa buah-buahan segar seperti lemon, mangga, dan stroberi.

Baca juga:  Mengetahui 10 Macam Macam Pizza Yang Populer Dari Italia

Panna Cotta

Panna Cotta
Ilustrasi Panna Cotta – Sumber: www.unsplash.com

Panna cotta merupakan sejenis dessert lembut khas Italia tepatnya Piedmont. Bentuknya mirip pudding dengan tekstur yang lembut dan rasa vanilla yang khas.

Bahan utamanya terdiri dari susu, krim, dan gelatin yang digunakan sebagai bahan pengental. Saat dimakan, dessert ini terasa lumer dan pecah di mulut.

Umumnya disajikan di dalam gelas atau dicetak di atas piring, dan seringkali diberi sentuhan saus manis dan aneka buah-buahan sebagai pelengkap.

Panettone

Panettone
Ilustrasi Panettone – Sumber: www.unsplash.com

Panettone adalah sejenis roti manis khas Italia yang berasal dari Milan. Biasanya dinikmati pada saat hari Natal dan tahun baru.

Jenis roti ini memiliki tekstur halus dan beronga dengan warna kuning cerah. Di dalamnya, terdapat campuran kismis sultana (buah anggur yang dikeringkan), kacang-kacangan, dan kulit jeruk.

Sehingga tidak mengerankan, ketika dipotong pertama kali, roti ini melepaskan aroma kuat dari roti dan jeruk.

Semifreddo

Semifreddo
Ilustrasi Semifreddo – Sumber: www.unsplash.com

Semifreddo dapat diartikan sebagai “setengah beku.” Dessert ini memiliki cita rasa yang mirip dengan es krim, namun dengan tekstur yang lebih lembut.

Menu ini seringkali disajikan dalam kondisi dingin, dan dapat dianggap sebagai perpaduan antara es krim dan mousse (dessert berbahan cokelat atau buah).

Bahan utamya terbuat dari campuran kuning telur, gula, dan krim. Dessert ini kerap dihidangkan dalam bentuk iris, mirip dengan kue, dan seringkali diberi hiasan pelengkap.

Tiramisu

Tiramisu
Ilustrasi Tiramisu – Sumber: www.unsplash.com

Tiramisu adalah jenis dessert khas Italia yang biasanya dinikmati setelah makan malam. Dessert ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dan sedikit beraroma kopi.

Dessert ini terbuat dari lapisan-lapisan keju mascarpone yang lembut serta dilapisi kue ladyfinger yang direndam dalam kopi.

Seringkali disajikan dalam bentuk potongan persegi dan ditaburi dengan bubuk kakao pada bagian atasnya.

Baca juga:  Pengetahuan Dasar Menu Food and Beverage Untuk Staff Pelayanan

Demikianlah pembahasan mengenai dessert khas Italia ini. Dengan menyediakan menu dessert terbaik di restoran anda, tentunya dapat meningkatkan peluang jumlah penjualan dan keuntungan.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis