Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Jenis Susu Untuk Latte Art Dan Bagaimana Tips Memilihnya

Jenis Susu Untuk Latte Art
Blog

Jenis Susu Untuk Latte Art Dan Bagaimana Tips Memilihnya

Menyediakan menu latte dengan suguhan art yang indah adalah salah satu cara untuk menarik perhatian para pengunjung cafe. Namun, dalam pembuatannya diperlukan pemilihan jenis susu untuk latte art yang tepat.

Dalam blog ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai susu yang baik untuk membuat latte art hingga bagaimana tips pemilihannya.

Jenis Susu Untuk Latte Art

Susu Buat Latte Art
Susu Buat Latte Art – Sumber: www.unsplash.com

Pada dasarnya, jenis susu yang baik untuk digunakan membuat art adalah susu yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Sebab, susu ini bisa membentuk lebih banyak foam atau busa yang bertahan lama.

Ini tentu berbeda dengan susu rendah lemak, dimana susu ini bisa saja menghasilkan busa, akan tetapi umumnya tidak akan bertahan lama.

Untuk mendapatkan hasil art yang baik, beberapa barista umumnya akan mengandalkan jenis susu segar atau  fresh milk.

Akan tetapi, susu segar yang dimaksud di sini bukanlah susu mentah raw milk, melainkan susu yang sudah melewati proses pasteurisasi.

Proses pasteurisasi ini umumnya menggunakan suhu rendah (low heat) sekitar 63 derajat celcius pada waktu sekitar 15 menit. Kemudian, dilanjutkan proses pendinginan

Pemanasan susu dilakukan untuk membunuh bakteri patogen yang dapat membahayakan kesehatan. Proses ini tidak akan mengurangi kandungan lemak secara signifikan.

Selain itu, proses ini juga akan membuat susu dapat disimpan lebih lama. Sehingga, tidak mengherankan jenis susu ini sering menjadi andalan para barista untuk membuat minuman kopi latte.

Tips Memilih Susu Untuk Latte Art

Tips Memilih Susu Untuk Latte Art
Tips Memilih Susu Untuk Latte Art – Sumber: www.unsplash.com

Berikut adalah tips memilih jenis susu yang paling baik untuk membuat latte art.

Baca juga:  11 Ide Menu Makanan Korea Selatan Untuk Peluang Usaha

Kandungan Lemak Yang Tinggi

Seperti yang sudah sempat disinggung sedikit di atas, pilihlah jenis susu dengan kandungan lemak yang tinggi. Lemak pada susu akan menghasilkan lebih banyak foam untuk membuat latte art yang baik.

Selain itu, kandungan lemak juga akan menambah rasa yang lebih creamy pada susu ketika sudah tercampur dengan kopi. Kandungan lemak yang dipilih umumya sekitar 3,25% atau lebih untuk pembuatan latte art.

Kandungan Protein Yang Cukup

Selain kandungan lemak, kita juga perlu memperhatikan kandungan proteinnya. Tingginya kandungan protein dalam susu juga penting untuk menghasilkan busa yang berkualitas.

Kandungan protein dapat membantu menghasilkan busa yang tetap stabil dan memberikan tekstur yang lembut.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis susu untuk latte art ini. Dengan pemilihan susu yang tepat, ini akan menghasilkan latte art yang berkualitas.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis