Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

5 Perbedaan Supplier dan Distributor Dalam Bisnis F&B

Perbedaan Supplier Dan Distributor
Blog

5 Perbedaan Supplier dan Distributor Dalam Bisnis F&B

Supplier dan distributor merupakan 2 hal yang berbeda dalam dunia bisnis termasuk dalam bisnis F&B. Dalam blog kali ini, kita akan membahas perbedaan supplier dan distributor dalam lingkup bisnis F&B.

Meskipun terkadang keduanya Nampak mirip namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan mulai dari peranan hingga tanggung jawabnya.

Perbedaan Supplier Dan Distributor

Distributor Buah
Distributor Buah Dan Sayur – Sumber: www.unsplash.com

Berikut adalah perbedaan supplier dan distributor dari segi pengertian, sistem penjualan, jenis barang, hasil akhir produk, dan sumber keuntungan.

Pengertian

Dilihat dari segi pengertian, supplier ini merupakan pihak atau perusahaan yang memasok bahan makanan mentah secara langsung kepada distributor atau pelanggan akhir.

Mereka bertanggung jawab atas produksi, penyediaan, dan pengiriman bahan makanan ke berbagai titik di rantai pasok.

Sementara itu, distributor merupakan pihak perantara yang membeli bahan makanan dari supplier dan mendistribusikannya ke berbagai pihak, termasuk restoran, toko, atau lembaga lainnya.

Distributor berperan penting dalam menjembatani kesenjangan antara produksi dan konsumsi.

Sistem Penjualan

Dari segi sistem penjualan, supplier umumnya melakukan penjualan dalam jumlah besar atau grosir. Mereka biasanya berurusan langsung dengan distributor atau bisnis besar yang membutuhkan pasokan dalam skala besar.

Sedangkan distributor, mereka biasanya akan membeli barang atau produk dalam jumlah besar dari supplier dan menjualnya kembali. Mereka lebih fokus pada penjualan grosir dan eceran kepada pelanggan akhir atau kepada bisnis-bisnis yang lebih kecil.

Jenis Barang

Supplier memiliki tanggung jawab untuk memproduksi atau menyediakan bahan makanan dalam bentuk mentah atau setengah jadi. Mereka menyuplai bahan mentah yang diperlukan untuk produksi makanan.

Baca juga:  Arti Waiting List Restoran Beserta Manfaat Dan Penerapannya

Sementara itu, distributor menerima barang dari supplier dan bertanggung jawab untuk mendistribusikannya. Mereka dapat menangani berbagai jenis barang, termasuk bahan makanan segar, kemasan, atau makanan olahan.

Hasil Akhir Produk

Supplier umumnya menyediakan hasil akhir produk berupa bahan makanan yang belum melalui proses lanjutan. Ini bisa berupa daging, sayuran, atau bahan-bahan lain.

Sebagai contoh, supplier daging sapi menyediakan hasil akhir produk berupa daging sapi. Nantinya daging ini akan diolah oleh restoran menjadi menu seperti steak.

Sedangkan, distributor ini akan membeli produk bahan mentah ataupun sudah dalam bentuk jadi dari produk atau supplier. Lalu, produk itu akan dijual kembali dengan hasil akhir produk yang tetap sama.

Sebagai contoh, distributor menjual minuman beer kepada bar. Selanjutnya, bar akan menjual kembali tetap dalam bentuk yang sama yaitu dalam bentuk minuman beer.

Sumber Keuntungan

Keuntungan utama supplier berasal dari penjualan bahan mentah atau setengah jadi kepada distributor.

Mereka juga dapat menjalin hubungan bisnis jangka panjang dengan klien besar atau produsen makanan untuk memastikan pasokan yang stabil.

Sementara, distributor mendapatkan keuntungan dari marjin penjualan, yang didapat dari perbedaan harga antara barang yang dibeli dari supplier dan harga jual kepada pelanggan.

Tips Menemukan Supplier Dan Distributor Untuk Bisnis restoran

Supplier Daging
Supplier Daging – Sumber: www.unsplash.com

Lakukan Riset

Lakukan riset pasar untuk mengidentifikasi supplier dan distributor yang berkualitas di industri makanan. Tinjau ulasan pelanggan, reputasi, dan pengalaman mereka dalam menyediakan bahan makanan.

Perhatikan Kualitas Produk

Pilih supplier yang menawarkan produk berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar kebersihan dan keamanan pangan. Pastikan bahan makanan yang mereka sediakan memenuhi harapan kualitas restoran Anda

Bandingkan Harga

Bandingkan harga dari beberapa supplier dan distributor. Pilih yang menawarkan harga bersaing tanpa mengorbankan kualitas. Pertimbangkan juga diskon atau penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi biaya operasional Anda.

Baca juga:  8 Peralatan Kitchen Utensil Beserta Fungsinya Di Restoran

Pilih Yang Menyediakan Layanan Fleksibel

Pilih supplier atau distributor yang dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan restoran anda. Supplier atau distributor yang fleksibel dapat membantu Anda mengatasi fluktuasi permintaan dan menyediakan bahan makanan dalam skala yang sesuai.

Pastikan Ketersediaan dan Pengiriman

Pastikan bahwa supplier atau distributor dapat menyediakan bahan makanan dengan ketersediaan yang baik dan tepat waktu. Layanan pengiriman yang andal sangat penting untuk menjaga kelancaran operasional restoran Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai beda supplier dan distributor serta tips menemukannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis