Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Manfaat Penggunaan Dan Cara Implementasi QR Code Restoran

QR Code Restoran
Blog

Manfaat Penggunaan Dan Cara Implementasi QR Code Restoran

QR code restoran merupakan teknologi yang umumya digunakan pada bisnis restoran untuk memfasilitasi pelanggan dengan berbagai pelayanan yang cepat dan efisien. Misalnya mengakses menu, pemesanan makanan atau minuman, hingga melakukan pembayaran.

Dalam penggunaanya, QR Code atau Quick Response Code ini biasanya disediakan dalam bentuk kode matrik yang dapat menyimpan informasi yang berupa URL atau teks.

Sederhananya, pelanggan yang datang dapat memindai kode tersebut dengan smartphone, lalu mereka akan dialihkan ke URL tertentu seperti halaman menu, pembayaran, dan lain sebagainya.

Sistem QR Code Restoran

Berikut kita akan membahas apa saja manfaat penggunaan QR code ini serta bagaimana cara implementasi pada bisnis restoran anda.

Manfaat Penggunaan

Manfaat QR Code Restoran
Ilustrasi Kasir Sedang Memproses Transaksi Pelanggan – Sumber: www.pexels.com

Memudahkan Pelanggan Mengakses Menu

QR code memungkinkan pelanggan anda untuk mengakses menu dengan cepat melalui smartphone mereka.

Cukup dengan memindai QR Code, pelanggan dapat dengan mudah melihat pilihan hidangan lengkap dengan gambar dan harganya.

Selain itu, ini juga dapat menghemat pengeluaran restoran anda karena tidak perlu lagi banyak mencetak menu fisik dengan biaya yang tinggi.

Mempercepat Proses Pemesanan

Melalui QR code, pelanggan dapat memesan makanan dan minuman mereka secara langsung melalui smartphone mereka. Dengan kata lain, mereka tidak perlu lagi mengantre atau menunggu waiter datang ke meja.

Ini tidak hanya dapat menghemat waktu bagi pelanggan, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional bagi restoran.

Baca juga:  Cara Menentukan Harga Makanan Untuk Bisnis Kuliner Anda

Sebab, staff anda tidak perlu lagi harus menulis pesanan dari pelanggan satu per satu sehingga mereka dapat fokus ke tugas-tugas lain.

Memudahkan Proses Pembayaran

Penggunaan QR code juga memfasilitasi pembayaran yang lebih cepat dan aman di restoran.

Sebelum atau setelah selesai makan, pelanggan dapat memindai QR code yang terhubung dengan sistem pembayaran restoran dan dapat langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi dompet digital atau m-banking.

Hal ini tentu dapat mengurangi waktu untuk menunggu tagihan dan memungkinkan pelanggan untuk meninggalkan restoran dengan cepat setelah selesai makan.

Mengurangi Kontak Fisik

Di tengah kekhawatiran akan kebersihan dan kesehatan, penggunaan QR code di restoran dapat mengurangi kontak fisik antara pelanggan dan staf.

Dengan memesan dan membayar secara digital, pelanggan dapat menghindari pertukaran uang tunai dan menyentuh permukaan menu fisik yang mungkin terkontaminasi.

Membantu Analisis Data dan Pelacakan Pesanan

Sistem pemesanan yang terintegrasi dengan QR code memungkinkan restoran untuk mengumpulkan data tentang pola pesanan pelanggan dan preferensi menu.

Informasi ini dapat digunakan untuk menganalisis tren konsumen, membuat keputusan yang lebih baik tentang persediaan, hingga menyediakan layanan yang personal kepada pelanggan.

Cara Implementasi

Cara Implementasi QR Code
Implementasi QR Code Restoran – Sumber: www.pexels.com

Identifikasi Kebutuhan dan Tujuan

Langkah pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan dan tujuan restoran dalam menggunakan QR code.

Apakah itu untuk memfasilitasi akses menu digital, pemesanan, pembayaran, atau semua itu? Menetapkan tujuan yang jelas akan membantu dalam menentukan platform atau sistem yang diperlukan.

Pilih Penyedia Platform atau Sistem

Ada berbagai platform atau sistem yang dapat digunakan untuk mengelola QR code. Anda dapat mencari penyedia platform atau sistem yang memang dirancang khusus untuk industri makanan dan minuman.

Baca juga:  Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan CRM Restaurant

Selain itu, penting juga untuk anda memilih platform yang mudah digunakan dan sesuai dengan anggaran bisnis anda.

Pembuatan QR Code

Setelah memilih platform atau sistem, langkah selanjutnya adalah membuat QR code untuk berbagai tujuan, seperti akses menu, pemesanan, dan pembayaran.

QR code dapat dibuat menggunakan perangkat lunak khusus atau generator online yang memungkinkan restoran untuk menyesuaikan desain dan konten QR code sesuai kebutuhan mereka.

Sediakan Instruksi Untuk Pelanggan

Penting untuk dicatat bahwa meskipun saat ini adalah masa di mana hampir sebagian besar orang membawa smartphone.

Namun, beberapa diantara pelanggan anda mungkin ada yang masih awam dengan penggunaan QR code ini.

Sehingga, penting untuk anda juga menyediakan informasi petunjuk atau instruksi dari penggunaan QR code ini.

Pelatihan Karyawan

Selain menyediakan instruksi, penting untuk melatih karyawan restoran tentang cara menggunakan dan mengelola QR code ini.

Mereka harus dapat menjelaskan kepada pelanggan cara menggunakan QR code untuk mengakses menu, melakukan pemesanan, dan melakukan pembayaran.

Pelatihan juga diperlukan untuk memastikan bahwa karyawan memahami bagaimana mengatasi masalah teknis yang mungkin terjadi.

Promosi dan Edukasi Pelanggan

Anda juga perlu mempromosikan penggunaan QR code ini kepada pelanggan serta memberikan edukasi tentang manfaatnya.

Ini dapat dilakukan melalui materi promosi di restoran, media sosial, atau kampanye pemasaran lainnya.

Evaluasi dan Pembaruan

Setelah QR code diimplementasikan, penting untuk terus mengevaluasi kinerjanya dan memperbarui sesuai kebutuhan.

Restoran harus memantau penggunaan QR code, mengumpulkan umpan balik dari pelanggan, dan melakukan perubahan atau peningkatan jika diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Demikianlah pembahasan mengenai penggunaan QR ini. Melihat manfaat yang ditawarkan, sudah seharusnya setiap pengelola restoran mempertimbangkan untuk mengimplentasikannya.

Baca juga:  4 Macam-Macam Cutleries Yang Sering Digunakan Di Restoran

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis