Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

8 Cara Mempertahankan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Restoran

Cara Mempertahankan Pelanggan Setia
Blog

8 Cara Mempertahankan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Restoran

Dalam menjaga kesuksesan bisnis restoran jangka panjang, penting untuk Anda mengetahui cara mempertahankan pelanggan setia. Keberadaan pelanggan setia dapat meningkatkan pendapatan secara berulang dan promosi gratis dari mulut ke mulut.

Untuk mempertahankan pelanggan setia di bisnis restoran, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Berikut kita bahas secara lengkap di bawah ini.

Cara Mempertahankan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Restoran

Berikan Pelayanan Yang Luar Biasa

Seorang Waiter Mencatat Pesanan
Seorang Waiter Mencatat Pesanan Pelanggan – Sumber: www.pexels.com

Ketika pengunjung datang, pastikan staff Anda dapat menyambut mereka dengan senyuman dan memberikan layanan yang cepat dan efisien.

Sediakan pelatihan kepada staff Anda secara rutin tentang bagaimana berinteraksi dengan pelanggan dan bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan.

Selain itu, pastikan juga staff Anda dapat menghafal nama pelanggan yang sudah sering datang serta mengingat preferensi pesanan mereka.

Sebagai contoh: ada seorang pelanggan selalu memesan kopi dengan sedikit gula, pastikan staff Anda dapat mengingat hal tersebut sebelum diminta.

Mengingat hal-hal kecil tersebut dapat membuat pelanggan Anda merasa lebih dihargai.

Sediakan Kualitas Makanan Yang Tinggi

Kualitas Makanan Yang Tinggi – Sumber: www.pexels.com

Sebagian besar pengunjung restoran tentu menginginkan makanan dengan kualitas tinggi. Untuk menciptakan itu, Anda dapat menggunakan bahan-bahan baku yang segar dan berkualitas.

Selain itu, pastikan juga kualitas makanan tersebut selalu konsisten hari demi hari. Ini dapat dilakukan dengan menetapkan standar resep dan kualitas yang ketat.

Upaya ini dapat menunjukkan keseriusan restoran Anda dalam menawarkan pengalaman terbaik untuk semua pelanggan anda.

Baca juga:  Faktor-Faktor Yang Dapat Menyebabkan Restoran Bangkrut

Ciptakan Suasana Yang Nyaman

Jaga Kebersihan Restoran
Jaga Kebersihan Restoran – Sumber: www.pexels.com

Untuk menciptakan suasana yang nyaman, ada beberapa poin penting yang bisa dilakukan yaitu menjaga standar kebersihan dan menyediakan desain interior yang menarik.

Pastikan semua area restoran terjaga kebersihannya mulai dari area makan, dapur, hingga toilet. Ini akan meningkatkan kenyamanan bagi setiap pelanggan Anda.

Sementara itu, menyediakan desain interior yang menarik akan membuat pelanggan Anda betah berlama-lama.

Kedua hal tersebut dapat dilakukan dengan menyediakan dekorasi yang sesuai tema restoran, pencahayaan yang baik, atau musik yang tidak terlalu bising.

Sediakan Program Loyalitas Pelanggan

Program Loyalitas Pelanggan
Program Loyalitas Pelanggan – Sumber: www.pexels.com

Sediakan program loyalitas untuk pelanggan Anda seperti kartu keanggotan atau poin yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan diskon spesial.

Selain itu, Anda dapat memberikan penawaran eksklusif kepada anggota program loyalitas. Misalnya: undangan ke acara khusus atau akses pertama ke menu baru.

Dengan ini, pelanggan akan merasa istimewa, lebih terjalin dengan restoran, serta terdorong untuk datang kembali.

Terima Feedback Dari Pelanggan

Terima Feedback Dari Pelanggan
Terima Feedback Dari Pelanggan – Sumber: www.pexels.com

Feedback atau umpan balik dari pelanggan penting untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan di restoran.

Anda dapat menerima umpan balikdengan menyediakan formulir di meja atau melalui ulasan restoran online. Mendengarkan umpan balik dari pelanggan menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap mereka.

Khusus untuk ulasan online seperti di Google Map, Anda dapat langsung menanggapi dengan profesional. Khusus untuk ulasan restoran yang negatif, tetaplah respon dengan baik agar reputasi restoran Anda tetap terjaga.

Selenggarakan Acara Khusus

Kelas Memasak
Kelas Memasak – Sumber: www.pexels.com

Selenggarakan acara atau event pada hari tertentu. Misalnya: live music, malam bertema, atau kelas memasak untuk menarik pelanggan untuk datang kembali.

Dengan ini, Anda dapat menarik pelanggan untuk datang kembali. Terutama untuk live music, Anda dapat mengundang band-band lokal.

Baca juga:  Jenis Jenis Minuman Di Bar: Beralkohol dan Non Alkohol

Inovasi Dengan Menu

Inovasi Pada Menu Restoran
Inovasi Pada Menu Restoran – Sumber: www.pexels.com

Terkadang menyediakan pilihan menu itu-itu saja dapat membuat pelanggan merasa bosan. Perlu dilakukan inovasi dengan menyediakan menu-menu baru.

Anda dapat melakukan riset tentang tren menu terkini dan menerapkan beberapa yang cocok untuk bisnis restoran Anda. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan menu yang direkomendasikan oleh pelanggan Anda.

Inovasi menu dapat menjadi salah satu strategi untuk menjaga bisnis restoran agar tetap bisa bersaing dan dilirik pelanggan.

Tetap Aktif Di Media Sosial

Tetap Aktif Di Media Sosial
Tetap Aktif Di Media Sosial = Sumber: www.pexels.com

Dengan aktif di media sosial, ini dapat membantu menjaga hubungan baik dengan para pelanggan lama dan juga menarik pengikut baru.

Anda dapat menyediakan informasi-informasi update mengenai menu-menu baru atau acara-acara yang akan datang di halaman Instagram dari bisnis restoran.

Tidak lupa juga ciptakan interaksi dengan para pengikut Anda dengan membalas komentar dan pesan-pesan yang masuk.

Selain itu, perbaharui juga informasi-informasi di website restoran Anda seperti menu, jam buka, kontak, dan lain sebagainya.

Ini dilakukan agar pelanggan Anda dapat informasi yang relevan khususnya apabila restoran Anda harus tutup di hari-hari besar tertentu.

Nah, itulah beberapa cara mempertahankan pelanggan setia Anda. Semoga ini dapat membantu!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis